Teco mendorong pemain Indonesia berani berkarier di luar negeri

id Stefano cugurra teco,Bali United,Egy maulana vikri,Witan sulaiman,Liga 1

Teco mendorong pemain Indonesia berani berkarier di luar negeri

Pelatih Bali United Stefano "Teco" Cugurra. ANTARA/Tangkapan layar Instagram @Baliunitedfc

Jakarta (ANTARA) - Pelatih Bali United Stefano "Teco" Cugurra mendorong agar para pemain muda Indonesia berani mengambil kesempatan berkarier di luar negeri untuk meningkatkan kemampuannya.

"Saya melihat memang seharusnya pemain-pemain dari Indonesia harus lebih banyak untuk berani bermain bersama tim dari negara lain," ujar Teco seperti dilansir di laman resmi Bali United di Jakarta, Minggu.

Teco mengatakan keuntungan yang bisa diperoleh jika memutuskan berkarier di luar negeri, selain kemampuannya terasah, bisa lebih mengandalkan otak ketimbang fisik, nantinya bakal berpengaruh ke kualitas timnas Indonesia.

Saat ini tak banyak pemain lokal yang bermain di luar. Sebut saja, Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk, Polandia), Yanto Basna (Sukhothai FC, Thailand), dan Witan Sulaiman (Radnik Surdulica, Serbia) yang sudah meniti karier di luar negeri.

Sebelum tiga pemain itu, nama-nama seperti Evan Dimas, Saddil Ramdani, Ryuji Utomo, dan Andik Vermansyah juga pernah mencicipi atmonsfer kompetisi luar negeri, meski akhirnya mereka kembali ke Tanah Air.

"Selain menambah pengalaman mereka untuk menambah kualitas sebagai pemain, mereka juga bisa bantu banyak untuk Timnas Indonesia," kata dia.

Menurut dia, dengan berkarier di luar negeri bisa memberikan banyak pelajaran bagi pemain asal Tanah Air. Dengan begitu, ia mendorong agar para pemain lokal untuk berani dan mau bersaing di luar negeri demi menggapai puncak karier.
 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024