Ketua MPR mendukung pemda tes COVID-19 massal di lokasi padat penduduk

id Tes COVID-19 massal,Bamsoet,MPR,dukung

Ketua MPR mendukung pemda tes COVID-19 massal di lokasi padat penduduk

Petugas medis menunjukkan alat yang digunakan untuk rapid test di RSU Bunda, Depok, Jawa Barat, Senin (6/4/2020). Rapid test yang diikuti 100 wartawan tersebut untuk pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19 di kalangan wartawan di Kota Depok. (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/hp)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung rencana Pemerintah Daerah (Pemda) dan relawan menggelar tes COVID-19 secara massal di lokasi pemukiman padat penduduk.

Bamsoet dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa, juga mendorong pemerintah pusat mempercayai penuh pelaksanaan tes tersebut kepada gugus tugas daerah, mengingat semua kepala daerah adalah komandan dari percepatan penanganan COVID-19 dan mempunyai kewenangan penuh atas pengendalian penyebaran COVID-19.

"Tes cepat COVID-19 dengan target uji sampel 1.200 orang per harinya itu dilaksanakan dengan bekerja sama dengan pejabat tingkat camat, kepala desa/ lurah dan RT/RW serta tetap mengacu pada protokol COVID-19, yakni menjaga jaga jarak sosial (social distancing) dan jaga jarak fisik (physical distancing) selama pemeriksaan terhadap warga berlangsung," kata Bamsoet.



Ia mengimbau Pemda juga terlebih dahulu memetakan daerah padat penduduk yang akan digelar tes COVID-19 massal, dengan memprioritaskan zona merah sebagai sasaran utama pelaksanaan tes COVID-19 tersebut.

"Sebagai upaya mencegah penularan COVID-19 yang berpotensi besar terjadi di pemukiman dengan warga yang sulit menjaga jarak karena padat penduduknya," kata Bamsoet.

Bamsoet juga mendorong Pemda bersama Relawan Indonesia Bersatu mempersiapkan sarana prasarana untuk pelaksanaan tes COVID-19 di pemukiman padat penduduk secara matang, seperti menyiapkan mobil unit yang akan digunakan untuk menggelar rapid test gratis ataupun menyiapkan mobil laboratorium yang digunakan untuk melakukan tes polymerase chain reaction (PCR).

"Sehingga dapat memberikan layanan tes COVID-19 dengan baik dan sesuai target," kata Bamsoet.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024