Pasien positif COVID-19 di Gunung Kidul bertambah tiga kasus

id Positif COVID-19,Gunung Kidul,Dinkes Gunung Kidul

Pasien positif COVID-19 di Gunung Kidul bertambah tiga kasus

Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Dewi Irawaty. ANTARA/Sutarmi

Kami mendapat tiga orang positif COVID-19 baru berdasarkan hasil swab beberapa waktu lalu. Mereka diketahui melakukan kontak dengan pasien positif sebelumnya, yakni pasien positif COVID-19 yang keempat dan kelima,
Gunung Kidul (ANTARA) - Jumlah pasien positif COVID-19 di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, bertambah tiga kasus yang merupakan anggota keluarga dari pasien positif COVID-19 keempat dan kelima yang merupakan warga Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari.

Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Dewi Irawaty di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan berdasarkan hasil penelusuran tim medis, pasien positif COVID-19 keempat dan dan kelima yang merupakan warga Desa Wonosari menyebabkan anggota keluarganya terpapar COVID-19.

"Kami mendapat tiga orang positif COVID-19 baru berdasarkan hasil swab beberapa waktu lalu. Mereka diketahui melakukan kontak dengan pasien positif sebelumnya, yakni pasien positif COVID-19 yang keempat dan kelima," kata Dewi.

Baca juga: Gunung Kidul validasi data penerima Jaring Pengaman Sosial

Ia mengatakan tiga kasus positif baru ini merupakan kasus Orang Tanpa Gejala atau kerap dikenal OTG. Artinya mereka dalam kondisi baik dan tidak ada keluhan.

"Mereka OTG, kondisinya baik. Saat ini sudah dibawa ke RSUD Wonosari untuk dilakukan isolasi di RSUD Wonosari, total ada enam kasus positif dirawat," kata Dewi.

Lebih lanjut dikatakan, temuan kasus positif ini bermula dari penelusuran kasus positif ketiga di Gunung Kidul. Dinkes kemudian melakukan tracing terhadap 143 orang, kemudian, dilakukan rapid test terhadap 124 orang.

"Dari 124 orang itu, 19 positif dan 105 negatif. Dari 19 yang diambil swab 15 yang hasilnya lima positif, lima negatif, lima menunggu hasil dan empat orang masih belum di-swab," kata dia.

Baca juga: Gunung Kidul akan gelar operasi pasar gula pasir

Dewi menambahkan, penelusuran terhadap kasus positif corona terus dilakukan. Pihaknya hari ini juga telah melakukan isolasi terhadap 11 orang yang masih menunggu hasil swab. Belasan orang tersebut menjalani isolasi di RSUD Saptosari.

"Untuk keseluruhan data, ada 62 PDP telah diambil spesimen sebanyak 53. Jumlah positif ada delapan, negatif ada 38 dan tujuh dalam proses. Kemudian untuk ODP ada 980. PDP meninggal ada 15 dan dua kasus positif sembuh," kata dia.