ACT distribusikan APD untuk sembilan rumah sakit di wilayah DIY

id ACT,APD,yogyakarta

ACT distribusikan APD untuk sembilan rumah sakit di wilayah DIY

ACT distribusikan APD untuk sembilan rumah sakit di DIY. (FOTO ANTARA/HO/ACT)

Yogyakarta (ANTARA) - Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendistribusikan alat pelindung diri (APD) untuk sembilan rumah sakit serta satu Puskesmas di DIY.

"Sebulan terakhir kita mendapatkan banyak informasi dan permintaan kebutuhan APD dari banyak RS dan Puskesmas di wilayah Yogyakarta, karena itu ACT sebagai lembaga kemanusiaan terus berikhtiar bersama perjuangan para tenaga medis dengan program 'medical support' yang terus kami lakukan," kata Koordinator Program ACT DIY, Kharis Pradana di Yogyakarta, Kamis.

Kharis mengatakan hingga saat ini rumah sakit yang telah menerima bantuan tersebut adalah RSUP Dr Sardjito, RSUD Sleman, RSU Rachma Husada, RSA UGM, RS Bethesda, RSUD Kota Yogyakarta, RS Nur Hidayah, RSUD Wonosari, RSUD Panembahan Senopati, dan Puskesmas Wates.

Menurut dia, bantuan yang didistribusikan terdiri dari 64 boks APD yang berisi masker N95, hazmat, face shield, sepatu booth, 25 boks multivitamin, 300 boks makanan untuk tenaga medis, serta dua unit wastafel portabel yang disediakan di RS Bethesda, dan RSUD Kota Yogyakarta.

ACT menargetkan memberikan kontribusi terbaik untuk mencegah persebaran virus Covid-19 melalui program-program bantuan untuk tenaga medis maupun bantuan pangan gratis untuk masyarakat prasejahtera yang terkena imbas ekonomi hingga kehilangan penghasilan.

Sementara itu Kepala Puskesmas Wates dr Eka Damayanti berterimakasih atas bantuan yang telah disalurkan dari para relawan.

"Bantuan ini sangat bermanfaat sekali bagi kami yang bertugas di pelayanan kesehatan, kami berharap semoga pandemi ini segera berakhir," kata dia.

Sampai dengan saat ini, kebutuhan berupa APD di rumah sakit maupun Puskesmas masih sangat dibutuhkan, karena memang jumlahnya yang sangat terbatas serta pasien dengan gejala COVID-19 masih terus berdatangan.