Gugus Tugas harus aktif mengingatkan warga memakai masker di pasar

id Pasar tradisional ,Gugus tugas COVID-19,Esty Wijayati,Anggota DPR

Gugus Tugas harus aktif mengingatkan warga memakai masker  di pasar

Anggota DPR Esty Wijayati saat meninjau kepatuhan pedagang dan pengunjung di Pasar Tanjungtirto, Berbah, Kabupaten Sleman. (Foto Antara/Victorianus Sat Pranyoto)

Sleman (ANTARA) - Anggota DPR dari daerah pemilihan (Dapil) Daerah Istimewa Yogyakarta Esty Wijayati menilai Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di wilayah setempat harus aktif mengingatkan pedagang dan pengunjung pasar menggunakan masker.

"Ini mencerminkan warga mulai acuh tak acuh dengan pandemi COVID-19. Jika warga mulai tidak peduli anjuran pemerintah, perlu terus dilakukan upaya-upaya penyadaran oleh Gugus Tugas COVID-19," kata Esty Wijayanti di Sleman, Jumat.

Menurut dia, penggunaan masker dan rajin cuci tangan dengan sabun atau "hand sanitizer" sangat penting untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Gugus tugas, terutama di desa-desa harus aktif sosialisasi dan melakukan tindakan tegas agar masyarakat bisa mematuhi anjuran pemerintah," katanya.

Ia mengatakan, memang sudah ada spanduk imbauan di dekat pintu masuk pasar tradisional, namun faktanya, orang tidak membaca itu.

"Pedagang banyak tidak menggunakan masker, bahkan ada anak-anak kecil yang masuk ke pasar tanpa masker. Banyak juga yang tidak menjaga jarak," katanya.

Esty mendorong agar Gugus Tugas Penanganan COVID-19 tidak bosan dan lelah mengingatkan warga untuk menggunakan masker dan mengingatkan untuk selalu jaga jarak.

"Jika perlu, ada aturan tegas melarang yang tidak menggunakan masker masuk pasar. Jika tidak menggunakan masker tidak boleh berjualan di pasar," katanya.
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024