Masyarakat butuh narasi penyemangat menghadapi wabah

id Baksos jakarta, sembako jakarta, bantuan jakarta,HMS,COVID-19

Masyarakat butuh narasi penyemangat menghadapi wabah

Pelaksanaan bakti sosial HMS Center di Cikini Jakarta Pusat. (HO/HMS Center)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Gerakan Hidupkan Masyarakat Sejahtera (HMS) Center, Hardjuno Wiwoho mengatakan, masyarakat membutuhkan narasi-narasi yang dapat memberikan semangat dalam menghadapi wabah COVID-19.

"Mari kita bangun rasa optimis masyarakat untuk bersama-sama melawan virus yang mematikan ini," kata Hardjuno dalam siaran pers, Senin, disela-sela bakti sosial di kawasan Cikini Jakarta Pusat.

Hadir dalam acara Baksos ini Ketua Dewan Pembina HMS, Mayjen TNI (Purn) Syamsu Djalal, politisi senior Lily Wahid, Dosen Universitas Bung Karno (UBK), Aminudin serta Ketua Tim Advokasi Kesehatan HMS Center, D'Hiru.

Kegiatan bakti sosial (baksos) HMS Center ini digelar di beberapa titik di wilayah Jakarta Pusat, yaitu wilayah Pasar Kembang Cikini, Johar Baru, Cempaka Putih, Salemba dan Rawasari.

Dalam baksos ini, HMS Center membagikan 2500 paket jamu herbal kepada warga terdampak COVID-19.



Rencananya, setelah di Jakarta, HMS Center akan menggelar baksos serupa di Bogor dan Banten.

Menurut Hardjuno, baksos ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan yang digelar HMS Center yang senantiasa berkomitmen penuh memihak kepada rakyat.

Selain itu, aksi ini merupakan bentuk dukungan HMS Center kepada pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia.

"Ini demi kemaslahatan umat. Bagi kami, adalah amanah dan kami berkomitmen penuh untuk menunaikan tanggung jawab ini dengan sebaik-baiknya demi masyarakat Indonesia," katanya.

Hardjuno optimistis dengan narasi-narasi penyemangat akan membuat kekebalan tubuh meningkat .

"Kondisi sekarang ini, setiap orang akan rentan terkena stres atau kepanikan terkait virus corona ini," ujar dia.



Dia berharap pemerintah fokus melakukan pencegahan dan penanganan virus corona ini. Termasuk mempersiapkan kebutuhan pokok masyarakat terdampak selama terjadinya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Penuhi kebutuhan pokok mereka secara layak, agar selama PSBB mereka semua bisa patuh dan melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina HMS, Mayjen TNI (Purn) Syamsu Djalal mengatakan pentingnya memperhatikan penyaluran sembako kepada masyarakat agar selain cepat juga tepat sasaran dan transparan.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024