KPU DIY tunggu perubahan regulasi terkait Pilkada Desember 2020

id hamdan kurniawan,KPU DIY,Pilkada,yogyakarta

KPU DIY tunggu perubahan regulasi terkait Pilkada Desember 2020

Kantor KPU DIY (FOTO ANTARA)

Yogyakarta (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Hamdan Kurniawan mengatakan apabila pilkada serentak berlangsung pada Desember 2020 pihaknya menunggu perubahan regulasi terkait mekanisme penyelenggaraannya menyesuaikan dengan protokol kesehatan.

"Misalnya Desember 2020 tentu banyak protokol kesehatan dan banyak regulasi yang harus diubah semata-mata untuk menjaga keselamatan," kata Hamdan Kurniawan saat dihubungi di Yogyakarta, Senin.

Menurut Hamdan, Perppu Nomor 2 Tahun 2020 khususnya pasal 201A yang menjelaskan bahwa pemilihan kepala daerah serentak ditunda hingga Desember 2020 karena terjadi bencana non alam merupakan target atau opsi yang optimistis dengan asumsi pada Desember pandemi telah berakhir.

Padahal, menurut Hamdan, ada banyak tahapan yang harus dilakukan sebelum pemungutan suara. Misalnya, terkait mekanisme pemutakhiran data pemilih yang biasanya dilaksanakan tatap muka dari rumah ke rumah.

"Banyak hal yang harus dilakukan dari sisi regulasi. Pemutakhiran data pemilih kan harus 'door to door' sehingga dengan cara yang berbeda tidak harus ketemu misalnya," kata dia.

Selain itu, dalam pelaksanaan kampanye tatap muka calon bupati/wali kota dengan para calon pemilih, menurut dia, juga memerlukan perubahan regulasi menyesuaikan kondisi saat ini.

"Pemungutan suara kan melibatkan jumlah suara yang sangat banyak di satu TPS, sebaran TPS juga banyak. apakah metodenya tetap seperti itu dengan jumlah pemilih yang dikurangi atau dengan metode lain misalnya dengan mengirimkan surat," kata dia.

Menurut dia, seandainya tidak ada COVID-19, KPU DIY dalam kondisi siap melaksanakan pilkada sesuai jadwal semula.

Namun demikian, munculnya wabah virus itu telah membuat sejumlah tahapan seperti verifikasi adiministrasi perseorangan di Gunung Kidul harus ditunda.

"Kalau saya sendiri berharap ketika pandemi belum berakhir ya kami tidak perlu terburu-buru melaksanakan pemilihan. Setelah usai (pandemi) saja kan lebih enak," kata Hamdan Kurniawan.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar