PMI DIY segera mengoperasikan truk gunner spray cegah COVID-19

id gunner spray,truk,disinfektan,PMI DIY,COVID-19

PMI DIY segera mengoperasikan truk gunner spray cegah COVID-19

PMI DIY segera operasikan truk gunner spray untuk penyemprotan disinfektan cegah  COVID-19. (FOTO ANTARA/HO/PMI DIY)

Yogyakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) segera mengoperasikan truk tangki gunner yang dilengkapi mesin pompa air, generator, dan gunner spray untuk memperluas cakupan penyemprotan disinfektan di wilayah DIY.

"Armada gunner spray ini baru datang dari PMI Pusat untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di DIY," kata Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, penyemprotan disinfektan menjadi kebutuhan mendesak mengingat peningkatan kasus positif COVID-19 di DIY diduga kuat berasal dari transmisi lokal.

"Kendaraan ini akan dioperasionalkan dalam waktu secepatnya sebelum Idul Fitri di PMI Kabupaten/Kota secara bergiliran dengan bekerja sama dengan TNI, POLRI, BPBD serta Gugus Tugas wilayah setempat," kata dia.

Prabukusumo menyebutkan hingga 11 Mei 2020 cakupan operasi penyemprotan disinfeksi PMI DIY telah mencapai 1.489 titik di seluruh wilayah DIY dengan penerima manfaat sejumlah 383.241 orang.

Penyemprotan disinfektan menyasar fasilitas umum seperti area pendidikan, pemerintahan (perkantoran), pemukiman penduduk, fasilitas kesehatan, rumah ibadah, halte bus, pasar terminal.

Lebih lanjut, Gusti Prabu menjelaskan selain penyemprotan disinfektan, PMI juga mengedukasi masyarakat untuk mencegah penyebaran COVID-19. Promosi kesehatan telah dilakukan di 242 titik dengan penerima manfaat sekitar 26.564 orang.

Setiap Senin PMI DIY mendistribusikan logistik penanganan Covid-19 untuk PMI Kabupaten/Kota. Pada 11 Mei 2020 PMI DIY mendistribusikan baju hazmat sejumlah 270 pcs, 40 unit face shield, cairan disinfektan sejumlah 1.344 pcs, 800 pcs hand scoon.

"Selain itu, kami juga memberikan baju hazmat 30 unit dan cairan disinfektan sejumlah 144 pcs untuk Kwarda Pramuka serta dua unit infrared frontal thermometer untuk KONI DIY," kata Prabukusumo.

Gusti Prabu berharap upaya pencegahan melalui penyemprotan disinfektan yang dilakukan PMI dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Tentu PMI tidak bisa bekerja sendiri, gotong royong dari semua pihak, baik dari pemerintah daerah, BPBD maupun masyarakat akan menjadi kunci penyebaran COVID-19. Saya juga berterima kasih kepada masyarakat, para donatur yang terus mendukung PMI dengan memberikan bantuan dan donasi melalui PMI DIY," kata dia.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar