Anggota DPRD Bantul tampung keluhan masyarakat dampak COVID-19

id Reses anggota DPRD Bantul

Anggota DPRD Bantul tampung keluhan masyarakat dampak COVID-19

Reses anggota DPRD Bantul di Desa Terong, Dlingo, Bantul saat pandemi COVID-19 (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta Rony Wijaya Indra Gunawan mengadakan reses atau jaring aspirasi masyarakat guna menampung keluhan maupun keperluan masyarakat saat pandemi virus corona baru atau COVID-19.

"Hari ini kita berupaya untuk menggali apa yang menjadi kendala-kendala atau apa yang diinginkan masyarakat, dengan adanya wabah ini pasti beberapa akan terdampak dimana mereka kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari nanti," kata Rony di sela jaring aspirasi masyarakat di Desa Terong, Dlingo, Bantul, Rabu.

Wakil rakyat Bantul dari Partai Demokrat tersebut mengatakan, mayoritas masyarakat di Desa Terong saat ini mengalami kendala dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari akibat usaha masyarakat tidak jalan, pekerja yang menjadi tulang punggung keluarga dirumahkan karena wabah corona.

Oleh sebab itu, anggota DPRD Bantul dari Daerah Pemilihan (Dapil) Pleret, Imogiri dan Dlingo ini mengatakan, perlunya menggali dan sejauh mana kondisi di masyarakat yang nantinya akan dituangkan dalam pokok-pokok pikiran DPRD maupun dibahas dalam rapat-rapat di Komisi yang membidangi.

"Masa pandemi ini memang sebagian besar mengeluhkan tentang kebutuhan karena beberapa kehilangan pekerjaan, akibat ada (usaha) yang tutup, juga objek wisata, dan masyarakat bawah bingung karena biasanya bekerja untuk membuat mebel atau kursi kayu karena tidak bisa dikirim ke luar maka usaha berhenti," katanya.

Dia mengatakan, untuk saat ini masyarakat masih bisa bertahan dengan yang masih dimiliki, namun tidak tahu apakah sampai berbulan-bulan selanjutnya, sehingga dalam aspirasi tersebut, pihaknya juga memberikan bantuan sembako bagi masyarakat peserta jaring aspirasi.

"Alhamdulillah karena kemarin ada beberapa arahan dari (pengurus) pusat kita juga diminta aktif di masyarakat dan kita keluarkan (memberi bantuan sembako) secara pribadi, karena banyak usulan dari masyarakat yang mendesak direalisasikan," katanya.
 
Anggota DPRD Bantul Rony Wijaya Indra Gunawan membagikan sembako bagi warga di Desa Terong, Dlingo, Bantul disela reses. (Foto ANTARA/Hery Sidik)


Sementara itu, Lurah Desa Terong Dlingo Sugiono mengatakan, bahwa reses Anggota DPRD pada 2020 ini didukung karena sudah dilakukan sesuai protokol tetap (protap) kesehatan mulai dari cuci tangan, pemeriksaan suhu, per kelompok, memakai masker, dan menjaga jarak dan waktu yang tidak lama.

"Di saat seperti ini masyarakat sangat butuh kebutuhan sehari-hari, sehingga dengan adanya pemberian sembako kepada warga kami, tentu akan sangat bermanfaat. Dan mudah-mudahan keberadaan dewan selalu bermanfaat dan mengerti tentang situasi keadaan masyarakat," katanya.