UNY berkomitmen melestarikan kearifan lokal dan nasional

id uny,kearifan lokal

UNY berkomitmen melestarikan kearifan lokal dan nasional

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof Sutrisna Wibawa dalam peringatan Dies Natalis Ke-56 UNY (HO-Humas UNY)

Yogyakarta (ANTARA) - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berkomitmen untuk selalu melestarikan dan memperkuat nilai-nilai kearifan lokal dan nasional sebagai modal yang sangat penting untuk meningkatkan keunggulan, tidak saja di tingkat nasional, tetapi juga di tingkat regional dan internasional.

"Pelestarian dan penguatan nilai-nilai kearifan lokal dan nasional ini juga merupakan komitmen UNY untuk berguna bagi masyarakat di sekitarnya, di samping upaya untuk unggul di tingkat dunia," kata Rektor UNY Prof Sutrisna Wibawa di Yogyakarta, Senin.

Dalam peringatan Dies Natalis Ke-56 UNY, Sutrisna mengatakan tahun 2019/2020 adalah tonggak yang penting bagi UNY untuk dapat meningkatkan peran sertanya dalam pembangunan masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia.

"Perubahan yang signifikan dalam sistem pendidikan di Indonesia, terutama sistem pendidikan tinggi, menuntut UNY untuk lebih fleksibel dan adaptif," katanya.

Program merdeka belajar-kampus merdeka, yang telah dicanangkan dalam rangka peningkatan kualitas layanan perguruan tinggi, misalnya, menuntut UNY untuk merencanakan dan mengimplementasikan program-program inovatif untuk meresponnya.

UNY telah merintis, di antaranya peningkatan kerja sama dengan mitra industri untuk memfasilitasi mahasiswa agar dapat memperkuat pengetahuan dan memperkaya keterampilan dengan cara magang industri ataupun magang di lembaga-lembaga pendidikan.

"Pada semester kedua 2019 dan paruh pertama tahun 2020, kita mempunyai komitmen yang kuat untuk melanjutkan upaya dalam mewujudkan UNY sebagai universitas kependidikan berkelas dunia (World Class University/WCU) yang unggul, kreatif, inovatif, dan berkelanjutan berlandaskan ketaqwaan, kemandirian dan kecendekiaan," katanya.

Ia mengatakan komitmen UNY untuk menjadi WCU juga merupakan salah satu program prioritas UNY pada 2017-2019. Berbagai strategi diupayakan secara serius untuk memobilisasi seluruh potensi agar dapat secara optimal dan berkelanjutan meningkatkan kualitas dan kontribusi UNY di tingkat internasional.

Sebagai bukti keseriusan UNY dalam hal ini adalah melalui program penugasan ke fakultas, jurusan, dan program studi untuk melakukan program kegiatan yang mendukung tercapainya indikator pencapaian WCU.

Kegiatan tersebut utamanya adalah dengan peningkatan jumlah artikel jurnal yang ditulis oleh dewan dosen yang berhasil meningkat secara signifikan, peningkatan jumlah guru besar, peningkatan jumlah dosen dengan kualifikasi doktor, serta penguatan komunikasi dan kerja sama antaruniversitas baik dalam maupun luar negeri, kerja sama dosen UNY dan dosen universitas di luar negeri.

"UNY juga mendorong prestasi akademik dan nonakademik mahasiswa baik tingkat nasional, regional maupun internasional, meningkatkan sistem administrasi umum dan keuangan, mendorong dan memfasilitasi sivitas akademik UNY mengikuti seminar/forum ilmiah dan penelitian di tingkat dunia, serta meningkatkan kerja sama dengan industri," katanya.

Sutrisna mengatakan Dies Natalis Ke-56 UNY juga ditandai dengan keprihatinan baik di tingkat nasional ataupun internasional dengan munculnya pandemi COVID-19 yang menyita berbagai upaya dan sumberdaya masyarakat.

Di tengah pandemi ini, UNY telah dan terus berupaya untuk dapat membantu masyarakat menghadapi dan mencegah meluasnya dampak COVID-19. Segenap sivitas akademika dan tenaga kependidikan, serta seluruh warga UNY telah bahu membahu membantu masyarakat baik dalam bentuk sumbangan dana, kebutuhan pokok, APD, dan sarana lain yang dibutuhkan masyarakat.

"Semoga pandemi ini dapat segera berlalu sehingga berbagai segi kehidupan masyarakat dapat berjalan dengan normal," kata Sutrisna.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar