Bupati Sleman sebut PDAM Tirta Sembada tunjukkan peningkatan kinerja

id PDAM Sleman,PDAM Tirta Sembada,Bupati Sleman,Kabupaten Sleman,Dewan pengawas PDAM

Bupati Sleman sebut PDAM Tirta Sembada tunjukkan peningkatan kinerja

Bupati Sleman Sri Purnomo melantik dua Dewan Pengawas PDAM Tirta Sembada Sleman. Foto Antara/ HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Purnomo menilai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sembada Sleman menunjukkan kinerja yang terus membaik dalam kurun waktu 2015 hingga 2019.

"Menurut penilaian Kepmendagri, PDAM Tirta Sembada Sleman tergolong baik dan tingkat kesehatan menurut BPPSPAM tergolong sehat," kata Sri Purnomo pada pelantikan Dewan Pengawas PDAM Tirta Sembada di Sleman, Rabu.

Menurut dia, PDAM Tirta Sembada Sleman juga mampu meningkatkan jumlah pelanggan dan menurunkan tingkat kehilangan air.

"Pada 2015 jumlah pelanggan sebanyak 29.975 unit, sementara pada 2019 menjadi 37.146 unit," katanya.

Bupati Sleman Sri Purnomo melantik dua anggota Dewan Pengawas PDAM Tirta Sembada.

Kedua anggota Dewan Pengawas PDAM yang dilantik yakni Arif Haryono dengan masa jabatan 2020 hingga 2021.

Arif Haryono merupakan anggota Dewan Pengawas yang sebelumnya telah menjabat untuk periode 2017 sampai dengan 2020 yang saat ini dilantik kembali.

Sementara itu anggota Dewan Pengawas PDAM Tirta Sembada yang juga dilantik pada kesempatan yang sama yaitu Kunto Riyadi dengan masa jabatan periode 2020 sampai dengan tahun 2024.

Keduanya dilantik dan disumpah secara langsung oleh Bupati Sleman.

"PDAM memiliki peran penting dalam pembangunan di Kabupaten Sleman untuk menciptakan masyarakat Sleman yang sejahtera dengan adanya jaminan ketersediaan air bersih. Maka dari itu, peran Dewas Pengawas PDAM menjadi sangatlah penting," katanya.

Ia mengatakan, tantangan PDAM Tirta Sembada ke depan, yakni menjamin ketersediaan air bersih bagi masyarakat semakin berat seiring dengan dinamika pembangunan di Sleman.

"Maka Dewan Pengawas harus mampu melakukan kajian yang mendalam terhadap potensi dan permasalahan yang dihadapi PDAM," katanya.

Sri Purnomo juga meminta Direksi PDAM Tirta Sembada dan jajarannya untuk terus tekun bekerja dan dapat menjalin kerja sama dengan Dewan Pengawas untuk dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

"Dari sisi kinerja keuangan, PDAM Tirta Sembada Sleman mampu meningkatkan perolehan laba atau keuntungan dari Rp1,31 miliar lebih pada 2015 menjadi Rp2,4 miliar pada 2019. Saya berharap prestasi ini terus ditingkatkan. Dan Dewan Pengawas harus mengambil peran untuk mendorong kinerja PDAM agar semakin baik lagi," katanya.
Pewarta :
Editor: Eka Arifa
COPYRIGHT © ANTARA 2024