Mekkah akan bertahap longgarkan pembatasan COVID-19

id Mekah,longgarkan pembatasan COVID-19,Arab Saudi

Mekkah akan bertahap longgarkan pembatasan COVID-19

Umat Islam menunaikan shalat berjamaah dengan mempraktikan jaga jarak fiisk di 10 malam terakhir untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar bulan Ramadhan masih di tengah mewabahnya COVID-19 di depan Kabah, Masjidil Haram, Kota Suci Mekah, Arab Saudi, Selasa (19/5/2020). ANTARA FOTO/Saudi Press Agency/Handout via REUTERS/wsj.

Tahap pertama akan dimulai pada 31 Mei, yang akan mengizinkan  keluar dan masuk Mekkah  antara pukul 06.00-15.00 waktu setempat.
Mekah (ANTARA) - Arab Saudi pada Kamis mengumumkan "rencana normalisasi dua tahap" untuk Mekkah, yang bertujuan melonggarkan pembatasan COVID-19 dan secara bertahap kembali ke kehidupan normal.

Tahap pertama akan dimulai pada 31 Mei, yang akan mengizinkan  keluar dan masuk Mekkah  antara pukul 06.00-15.00 waktu setempat, menurut pernyataan Kementerian Dalam Negeri.

Shalat Jumat dan shalat berjamaah lainnya di Masjidil Haram akan kembali digelar untuk umum sesuai dengan protokol kesehatan yang ada, demikian bunyi pernyataan.

Baca juga: Arab Saudi belum putuskan kebijakan terkait haji

Tahap kedua akan dimulai pada 21 Juni, yang akan mengizinkan  warga  keluar antara pukul 06.00-20.00 waktu setempat.

Disebutkan pula bahwa tukang pangkas rambut belum diizinkan untuk beroperasi, sementara pernikahan dan pemakaman dapat dihadiri paling banyak 50 orang.

Sejak virus corona muncul pada Desember tahun lalu di Kota Wuhan, China, virus tersebut telah menyebar ke sedikitnya 188 negara dan wilayah.

Baca juga: Jubir : Pemerintah kaji opsi pemantauan orang di fasilitas umum

Tercatat lebih dari 5,6 juta orang terinfeksi secara global dengan hampir 355.000 kematian. Sedangkan lebih dari 2,3 juta orang lainnya dinyatakan sembuh dari penyakit pernapasan tersebut.

Sumber: Anadolu
 
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024