Pasien positif COVID-19 di Kabupaten Bantul bertambah setelah 10 hari nol kasus

id Gugus Tugas Covid Bantul,Bantul, nol kasus

Pasien positif COVID-19 di Kabupaten Bantul bertambah setelah 10 hari nol kasus

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Bantul Sri Wahyu Joko Santosa (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Pasien konfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta bertambah satu orang setelah selama 10 hari atau sejak 22 Mei tidak ada laporan penambahan kasus positif terinfeksi virus corona jenis baru tersebut.

"Informasi hari ini, tambah pasien positif satu orang, adalah laki-laki berusia 32 tahun," kata Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Bantul Sri Wahyu Joko Santosa dalam keterangan tertulis melalui aplikasi pesan di Bantul, Minggu petang.

Berdasarkan penelusuran Gugus Tugas pasien positif baru di Bantul tersebut berasal dari Kecamatan Banguntapan, mempunyai riwayat perjalanan dari luar daerah yang merupakan zona merah penyebaran virus corona jenis baru tersebut.

"Riwayat (pasien) pelaku perjalanan dari Jakarta," kata Sri Wahyu yang juga Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Bantul.

Berdasarkan data pada Gugus Tugas COVID-19 Bantul, angka kasus positif tidak mengalami perubahan atau tambahan sejak 22 Mei, yakni 56 orang, sehingga dengan tambahan satu kasus ini, jumlah akumulasi positif per 31 Mei menjadi 57 orang.

Selain tambahan satu pasien positif, Gugus Tugas COVID-19 Bantul juga mengumumkan adanya pasien positif yang sembuh satu orang, pasien berasal dari Kecamatan Piyungan.

"Sembuh satu orang, adalah laki-laki berusia 59 tahun, yang dirawat di RSPAU (Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara) Hardjolukito," kata pria yang akrab disapa dokter Oky tersebut.

Dengan adanya pasien sembuh satu orang ini, angka kesembuhan dari COVID-19 di Bantul per 31 Mei berjumlah 42 orang, kemudian kasus positif meninggal dua orang, sehingga pasien positif yang masih rawat inap berjumlah 13 orang.

Ke-13 pasien positif COVID-19 tersebut tersebar di beberapa kecamatan di Bantul, yaitu Kecamatan Kasihan tiga orang, Banguntapan enam orang, kemudian dari Sedayu, Sewon, Bantul dan Pleret masing-masing satu orang.

"Mari bersama memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, menjaga jarak, hindari kerumunan, rajin mencuci tangan dengan sabun, selalu menggunakan masker saat keluar rumah," demikian imbauan Gugus Tugas Bantul.
 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024