Sekolah Vokasi UGM meluncurkan pasar daring untuk UMKM di Yogyakarta

id Umkm,DIY,COVID-19,UGM

Sekolah Vokasi UGM meluncurkan pasar daring untuk UMKM di Yogyakarta

Ilustrasi- Produk UMKM (FOTO ANTARA)

Yogyakarta (ANTARA) - Sekolah Vokasi (SV) UGM melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat meluncurkan pasar daring "warungjogja.com" untuk memfasilitasi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyambut situasi normal baru.

"Warungjogja.com ini merupakan platform penyedia informasi keberadaan UMKM penyedia kebutuhan harian yang ada di sekitar tempat tinggal. Dengan menggunakan platform ini berarti anda juga telah ikut membantu UMKM," kata salah satu pengembang warungjogja.com, Faiz Zamzami melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Selasa.

Pengembangan platform ini dilakukan Faiz bersama dengan timnya yang merupakan dosen dari Departemen Ekonomika dan Bisnis (DEB) serta dosen dari Departemen Teknik Elektro dan Informatika (DTEDI) dan Departemen Layanan dan Informasi Kesehatan Sekolah Vokasi UGM.

Ia berharap pasar daring ini mampu menghidupkan UMKM dan membantu masyarakat Yogyakarta dalam memenuhi kebutuhan harian dengan bertransaksi secara daring sehingga mengurangi kegiatan di luar rumah di masa pandemi COVID-19.

Menurut dia, UMKM yang tergabung adalah UMKM yang menjual bahan-bahan seperti sembako, elpiji, air mineral, kudapan, jajanan pasar, buah, lauk, sayur, daging, ikan, makanan beku, multivitamin, dan suplemen/herbal.

Dia mengatakan dengan tersedianya informasi penjualan UMKM tersebut maka masyarakat bisa langsung berkomunikasi dengan para penjual yang disajikan pada situs dengan menghubungi melalui Whatsapp serta dapat melihat lokasi warung tersebut dari rumah masing-masing.

Pasar daring secara resmi dapat diakses oleh warga Yogyakarta mulai Selasa, 2 Juni 2020. Sementara bagi UKM yang berminat untuk menginformasikan produknya juga dapat mendaftarkan diri.

Plt Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Alumni, dan Hubungan Internasional SV UGM Silvi Nur Oktalina menyampaikan bahwa pasar daring dengan nama warungjogja.com merupakan program kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat tahun 2020 ini banyak yang diarahkan dalam rangka tanggap COVID-19.

Menurutnya, kegiatan ini sangat strategis dalam rangka menghubungkan produsen dan konsumen untuk bertransaksi tanpa harus keluar rumah sehingga dapat ikut mengurangi resiko penyebaran COVID-19.

"Kepada seluruh warga Yogyakarta silahkan dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk bertransaksi sehingga dapat ikut memotong penyebaran COVID-19," kata dia.

 

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024