Pelajar SMP diimbau tetap di rumah tunggu pengumuman kelulusan

id pengumuman kelulusan,Gunung Kidul,Disdikpora Gunung Kidul

Pelajar SMP diimbau tetap di rumah tunggu pengumuman kelulusan

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Gunung Kidul Bahron Rasyid. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengimbau pelajar sekolah menengah pertama agar tetap berada di rumah masing-masing menunggu pengumuman kelulusan yang akan diumumkan hari ini.

"Kami mengingatkan pelajar SMP yang akan diumumkan kelulusannya hari ini tidak merayakan kelulusan yang melibatkan orang dalam jumlah banyak dan menunggu di rumah," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Gunung Kidul Bahron Rasyid di Gunung Kidul, Jumat.

Ia mengatakan larangan ini sebagai upaya untuk mencegah terjadinya penyebaran COVID-19 di tingkat pelajar.

"Kami sudah meminta pihak sekolah mengumumkan kelulusan disampaikan secara daring," katanya.

Sementara itu, Kabid SMP Disdikpora Gunung Kidul Kisworo mengatakan pengumuman hasil kelulusan, pihak sekolah juga akan menyelipkan pesan agar para pelajar tidak merayakan kelulusan dengan berkonvoi.

Berdasarkan data Disdikpora Gunung Kidul, terdapat 9.315 pelajar kelas 9 yang sedianya akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) namun ujian dibatalkan karena pandemi COVID-19.

Sebagai penggantinya, kelulusan pelajar ditentukan dari nilai rata-rata tiap mata pelajaran selama 5 semester. Dewan guru masing-masing sekolah pun turut menentukan kelulusan pelajar.

"Prestasi hingga sikap pelajar juga bisa menjadi pertimbangan untuk menentukan kelulusan," katanya.
Pewarta :
Editor: Eka Arifa
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar