Bawaslu sebut kualitas penyelenggaraan Pilkada tanggung jawab semua elemen

id Bawaslu Harlina

Bawaslu sebut kualitas penyelenggaraan Pilkada tanggung jawab semua elemen

Ketua Bawaslu Bantul Harlina (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan bahwa kualitas penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul pada Desember 2020 menjadi tanggung jawab semua elemen terkait baik penyelenggara, peserta maupun subyek pemilihan.

"Bahwa kualitas penyelenggaraan pemilihan 2020 tidak hanya menjadi tanggung jawab dari penyelenggara pemilu, akan tetapi seluruh elemen baik peserta pemilihan, subyek pemilihan, pihak terkait dalam hal ini stakeholder dan partai politik," kata Ketua Bawaslu Bantul Harlina di Bantul, Minggu.

Menurut dia, semua elemen dan stakeholder yang terkait dan pihak berkepentingan proses demokrasi dalam memilih kepala daerah dan wakil tersebut mempunyai tanggung jawab yang sama untuk bagaimana bisa mengawal pemilihan dari sisi integritas prosesnya.

"Sehingga apa yang menjadi proses yang berintegritas inilah nanti yang akan bisa kita dapatkan hasil yang berkualitas dengan kita mempunyai pemimpin yang berintegritas pula," katanya.

Harlina mengatakan, hal yang juga penting untuk kualitas pemilihan adalah pembelajaran kepada masyarakat pemilih dan juga penyelenggara pemilihan termasuk peserta jangan sampai terkait dengan apa yang dinamakan politik uang bisa menjadi pelanggar atau pelaku.

"Karena terlebih adalah penyelenggara pemilu terkait dengan apa yang dinamakan politik uang ini, disamping perbuatan pidana juga adalah pelanggaran kode etik dan praktik politik uang ini bisa mempengaruhi apa yang dinamakan kualitas proses pemilihan," katanya.

Dia mengatakan, yang menjadi ukuran atau kualitas terhadap penyelenggaraan pemilihan juga diharapkan ada peran dari masyarakat untuk ikut berpartisipasi menjadi pengawas, sehingga masyarakat tidak hanya pasif untuk melihat apa yang dinamakan proses demokrasi.

Akan tetapi masyarakat juga mempunyai beban moral yang sama kepada semua pihak, bahwa apa yang akan menjadi proses ini adalah proses bersama untuk nantinya bisa dipertanggungjawabkan secara bersama-sama.

"Jadi, mari sukseskan Pilkada 2020 tanpa ada pelanggaran dan kita tegakkan regulasi yang ada, bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu," kata Harlina.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar