Masuk pekan kedua Normal Baru, Meksiko tetap siaga COVID-19

id normal baru di Meksiko,virus corona di Meksiko,COVID-19,new normal

Masuk pekan kedua Normal Baru, Meksiko tetap siaga COVID-19

Pengguna komuter mengantre menaiki metro dengan menerapkan jarak sosial, saat pemerintah berencana melonggarkan pembatasan ditengah wabah penyakit virus corona (COVID-19) di Kota Meksiko, Meksiko, Jumat (29/5/2020). REUTERS/Carlos Jasso/hp/djo (REUTERS/CARLOS JASSO)

Mexico City (ANTARA) - Pemerintah Meksiko tetap memberlakukan status siaga tertinggi untuk COVID-19 saat pelaksanaan "normal baru" di negara itu memasuki pekan kedua, kata Kementerian Kesehatan, Minggu (7/5).

Meksiko secara bertahap mulai mengurangi aturan pembatasan guna menjalani hidup dengan normal baru tujuh hari setelah korban jiwa dan pasien positif COVID-19 mencapai angka tertinggi.

Pemerintah mulai Senin membuka secara bertahap perekonomian dan kehidupan masyarakat, kata Presiden Andres Manuel Lopez Obrador yang menyebut langkahnya itu merupakan usaha menuju new normal atau normal baru.

Namun, tidak banyak perubahan dilakukan mengingat otoritas di 31 negara bagian dan wilayah ibu kota di Mexico City masih memberlakukan status siaga tertinggi guna mengendalikan COVID-19, penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona jenis baru (SARS-CoV-2).

Meksiko menggunakan empat level status siaga dengan kode warna merah, tingkatan paling tinggi, diikuti dengan warna oranye, kuning, dan hijau. Level siaga itu nantinya menentukan sejauh mana pelonggaran pembatasan aktivitas masyarakat akan dilakukan.

Informasi terbaru Kementerian Kesehatan pada Minggu menunjukkan seluruh negara bagian di Meksiko dan Kota Mexico City masih dalam level siaga tertinggi.

"Saat ini seluruh wilayah di negara masih menempati kode merah, tidak ada alasan bagi perusahaan untuk melanjutkan kembali kegiatan yang tidak penting, atau sarana umum kembali dibuka," kata Wakil Menteri Kesehatan, Hugo Lopez-Gatell.

Kementerian Kesehatan pada Minggu mengumumkan pasien baru bertambah 3.484 orang dan korban jiwa 188 orang sehingga total kasus positif COVID-19 di Meksiko mencapai 117.103 jiwa dan 13.699 di antaranya meninggal dunia.

Banyak pasien telah meninggal sebelumnya, tetapi saat itu mereka dinyatakan tewas bukan karena COVID-19.

Pemerintah bulan lalu menyetujui beberapa industri yang diyakini penting seperti otomotif, tambang dan konstruksi untuk kembali beroperasi dengan menerapkan aturan kesehatan dan kebersihan.

Banyak perusahaan pada sektor tersebut kembali melanjutkan kegiatannya, sementara pelaku usaha bidang jasa masih harus menjalankan bisnis lewat dunia maya.

Sumber: Reuters
Pewarta :
Editor: Eka Arifa
COPYRIGHT © ANTARA 2024