Bupati Sleman pantau langsung pelaksanaan RDT dan swab pedagang Pasar Prambanan

id Bupati Sleman,RDT pasar Prambanan,RDT pedagang pasar,Pasar tradisional,Kabupaten Sleman,Gugus tugas Sleman,COVID-19

Bupati Sleman pantau langsung pelaksanaan RDT dan swab pedagang Pasar Prambanan

Bupati Sleman Sri Purnomo meninjau pelaksanaan RDT dan Swab Test COVID-19 terhadap pedagang di Pasar Prambanan. Foto Antara/ HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Purnomo bersama dengan tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sleman melakukan peninjauan langsung pelaksanaan Rapid Diagnostic Test (RDT) dan pemeriksaan swab di Pasar Prambanan, Selasa.

"Hari ini meninjau test (RDT) massal yang dilakukan serentak di 14 pasar tradisional di wilayah Kabupaten Sleman salah satunya Pasar Prambanan ini," kata Sri Purnomo.

Menurut dia, pelaksanaan RDT tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Sleman dalam memantau dan mengidentifikasi penyebaran COVID-19 di Kabupaten Sleman dengan menyasar pasar tradisional.

Dalam pelaksanaan RDT ini, masing-masing pasar tradisional diambil sebanyak 50 pedagang pasar sebagai sampel untuk dilakukan tes.

Adapun pedagang pasar yang menjadi sampel tersebut, dipilih berdasarkan aktivitas pedagang yang melibatkan pihak lain di luar wilayah Kabupaten Sleman.

"Pada RDT ini, kami upayakan yang dipilih adalah pedagang-pedagang yang sering melakukan transaksi dengan pedagang dari luar Sleman," katanya.

Ia mencontohkan Pasar Prambanan yang memiliki jam operasional 24 jam ini memiliki penyuplai dagangan dari berbagai wilayah dan berbagai kota.

"Hal tersebut dinilai bisa menjadi potensi dan menjadi sasaran dalam pemilihan sampel RDT," katanya.

Sri Purnomo mengatakan bahwa selain RDT, Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Sleman juga melaksanakan swab test di tiga pasar yaitu Pasar Prambanan, Condongcatur dan Pasar Godean dengan jumlah peserta yaitu 10 orang di masing-masing pasar.

"Kami juga sekarang sudah mulai langsung swab test untuk kita lakukan di tiga pasar yaitu Prambanan, Condongcatur dan Godean. Mudah-mudahan kita dapat memiliki gambaran COVID-19 di wilayah Kabupaten Sleman," katanya.

Selain pedagang pasar, tes juga ditujukan bagi petugas pasar dan tenaga kesehatan puskesmas masing-masing 10 orang di setiap lokasi tes. 
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024