Kemendes perpanjangan BLT Dana Desa tahap II

id Kemendes PDTT, Permendes, BLT Dana Desa, Tahap Ii

Kemendes perpanjangan BLT Dana Desa tahap II

Mendes Halim atau yang lebih akrab disapa Gus Menteri berbicara dalam konferensi pers tentang perkembangan penyaluran dana desa melalui webinar dari Kemendes PDTT, Jakarta, Selasa (16/6/2020). (ANTARA/Katriana)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengatakan kementerian yang dipimpinnya mengeluarkan Peraturan Menteri Desa (Permendes) terkait perpanjangan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap II untuk tiga bulan berikutnya.

"Jadi kalau kita hitung per April, Mei, Juni, maka 3 bulan berikutnya dimulai dari Juli, Agustus, September," kata Mendes Halim atau yang lebih akrab disapa Gus Menteri dalam konferensi pers tentang perkembangan penyaluran dana desa melalui webinar dari Kemendes PDTT, di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan bahwa saat ini penyaluran BLT Dana Desa tahap II sudah mulai dilakukan. Penyaluran tahap II tersebut sampai saat ini tercatat sudah dilakukan di 18.448 desa.

Meski demikian, ia mengatakan bahwa penyaluran BLT tahap I pada April tercatat kecil, sehingga ia memperkirakan akan ada perlambatan dalam penyaluran tahap berikutnya.

"Yang salur April kan kecil, enggak banyak. Sehingga nanti agak mundur juga (kemungkinan penyaluran tahap II)," katanya.

Sementara itu, ia mengatakan bahwa penyaluran BLT Dana Desa tahap II saat ini dilakukan secara simultan, sehingga penyaluran tidak lagi menunggu komando.

"Jadi simultan sekarang. Di samping fokus untuk penuntasan penyaluran tahap pertama, tahap kedua mulai jalan. Dan ini kita sudah tidak lagi komando, mekanismenya sudah sangat dipahami, sehingga prosesnya sudah sedemikian rupa otomatis berjalan di lapangan," demikian kata Mendes.
 
Pewarta :
Editor: Eka Arifa
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar