Alaves pesimistis Sociedad kembali ke empat besar

id alaves,sociedad,liga spanyol,borja sainz,martin aguirregabiria

Alaves pesimistis Sociedad kembali ke empat besar

Bek Alaves, Martin Aguirregabiria (tengah), meluapkan kegembiraan usai mencetak gol ke gawang Real Sociedad dalam laga lanjutan Liga Spanyol yang digelar tanpa penonton karena pandemi COVID-19 di Stadion Mendizorroza, Vitoria-Gasteiz, Spanyol, Kamis (18/6/2020) waktu setempat. (ANTARA/Twitter@LaLigaEN)

Jakarta (ANTARA) - Alaves memupus ambisi Real Sociedad kembali ke empat besar klasemen Liga Spanyol dan menundukkan tamunya itu 2-0 dalam laga pekan ke-29 yang digelar tanpa penonton karena pandemi COVID-19 di Stadion Mendizorroza, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Borja Sainz dan Martin Aguirregabiria menyokong kemenangan Alaves dalam laga yang diselesaikan kedua tim dengan 10 pemain di lapangan tersebut.

Kemenangan itu membuat Alaves melompat ke urutan ke-12 dengan koleksi 35 poin, sedangkan Sociedad (47) yang sejak kemarin digusur oleh Atletico Madrid (49) dari empat besar kini tertahan di posisi keenam, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Tuan rumah tampil percaya diri kendati tribun stadion tak terisi, tetapi dua peluang awal mereka lewat sepakan kaki kiri Lucas Perez dan tandukan Ruben Duarte masih bisa diamankan kiper Alex Remiro.

Alaves memperoleh dua peluang lagi jelang turun minum melalui Perez dan Joselu, tapi dua-duanya melenceng dan babak pertama berakhir dalam kedudukan nirgol.

Kebuntuan akhirnya terpecahkan pada menit ke-56 ketika Sainz berhasil memanfaatkan umpan Lisandro Magallan demi menyarangkan bola ke pojok kiri gawang.

Wasit Santiago Jaime Latre dan VAR sempat melakukan peninjauan sebelum mengesahkan gol pembuka keunggulan Alaves tersebut.

Pada menit ke-70, Perez hampir menggandakan keunggulan Alaves ketika ia menyelesaikan umpan silang Sainz, tapi tembakannya membentur tiang gawang dan tembakan susulan Luis Rioja bisa dimentahkan oleh Remiro.

Sociedad tampak baru terbangun dari tidur panjang dan berusaha menyamakan kedudukan pada menit ke-74 melalui Robin Le Normand, sayang kiper tuan rumah Roberto Jimenez sigap mengamankan gawangnya.

Pada menit ke-81, Sociedad harus melanjutkan pertandingan dengan 10 pemain ketika Joseba Zaldua menerima kartu kuning kedua dan enam menit berselang giliran gelandang bertahan Alaves Tomas Pina yang mendapati nasib serupa.

Sociedad berusaha menguasai pertandingan di sisa waktu tapi tak pernah benar-benar mengancam gawang tuan rumah, alih-alih justru Alaves yang mencetak gol lagi pada menit keenam injury time.

Setelah tembakan Joselu dimentahkan oleh Remiro, bola muntah berhasil disambar Aguirregabiria demi memastikan kemenangan Alaves menjadi 2-0.

Di pertandingan selanjutnya, Alaves bakal bertandang ke markas Celta Vigo pada Minggu (21/6), beberapa jam lebih awal sebelum Sociedad menjamu Real Madrid.

Susunan pemain:

Alaves (4-2-2-2): Roberto Jimenez; Navarro Ximo, Victor Laguardia, Lisandro Magallan, Ruben Duarte; Victor Camarasa (Pere Pons), Tomas Pina; Borja Sainz (Edgar), Luis Rioja (Martin Aguirregabiria); Joselu, Lucas Perez (Ljubomir Fejsa)
Pelatih: Asier Garitano

Real Sociedad (4-2-3-1): Alex Remiro; Joseba Zaldua, Aritz Elustondo (Martin Zubimendi), Diego Llorente (Andoni Gorosabel), Aihen Munoz; Igor Zubeldia, David Zurutuza (Robin Le Normand); Adnan Januzaj, Martin Odegaard (Portu), Mikel Oyarzabal; Willian Jose (Alexander Isak)
Pelatih: Imanol Alguacil
 
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024