Nuno Santo': Black Lives Matter' berarti

id Liga Inggris,Wolverhampton Wanderers ,Nuno Espirito Santo

Nuno Santo': Black Lives Matter' berarti

Manajer Wolverhampton Wanderers Nuno Espirito Santo saat timnya menghadapi West Ham United di London Stadium, London, Inggris, 20 Juni 2020. (Ben Stansall/Pool via REUTERS)

Jakarta (ANTARA) - Bos Wolverhampton Wanderers Nuno Espirito Santo menyebut dukungan seluruh dunia kepada gerakan 'Nyawa Kulit Hitam itu Penting' atau 'Black Lives Matter' adalah pertanda adanya kemajuan dalam perang melawan diskriminasi sekalipun perlu waktu untuk mengubah budaya.

Liga Premier bergabung dengan gerakan internasional guna memprotes ketidakadilan rasial menyusul kematian George Floyd, seorang pria kulit hitam, saat diborgol polisi Minneapolis bulan lalu.

Namun demikian sebuah pesawat sambil membawa banner bertuliskan 'White Lives Matter Burnley' terbang di atas kandang Manchester City di Etihad Stadium pada awal pertandingan melawan Burnley, Selasa dini hari WIB kemarin.



"Kita sedang berada di awal sesuatu. Memang sulit sekali mengubah budaya itu dan sangat sulit mengubah perasaan," kata Santo kepada wartawan menjelang pertandingan melawan Bournemouth, Kamis dini hari nanti.

"Banyak orang yang berubah yang adalah pertanda bagus. Semua generasi kini bertanya kepada dirinya sendiri, apa yang mereka lakukan di masa lalu, mungkin saja mereka melakukannya dalam cara lain. Itu pertanda adanya perubahan."



"Ini bukan saatnya untuk berhenti. Akan butuh waktu tetapi kemanusiaan akhirnya bakal mencapai titik ini di kalangan kita."

Santo, satu-satunya manajer Liga Premier yang berlatar belakang kulit hitam, keturunan Asia dan etnis minoritas, menambahkan: "Ini sangat sulit bagi saya karena saya tak merasakannya. Saya berasal dari keluarga ras campuran."

"Pesannya jelas. Ini buka soal ras. Ini menyangkut kesetaraan hak."
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar