Disnakertrans DIY menghubungkan peserta Kartu Prakerja dengan dunia kerja

id Kartu prakerja,Yogyakarta,Disnakertrans,DIY,Pengangguran

Disnakertrans DIY menghubungkan peserta Kartu Prakerja dengan dunia kerja

Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj. (.)

Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Daerah Istimewa Yogyakarta berupaya menghubungkan seluruh peserta program Kartu Prakerja dengan dunia kerja sehingga mengurangi tingkat pengangguran di daerah ini.

"Ketika sudah melalui seluruh pelatihan dalam program kartu prakerja nanti mungkin kami akan mempertemukan dengan pemberi kerja sesuai kualifikasi mereka," kata Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Perlindungan Tenaga Kerja Disnakertrans DIY Ariyanto Wibowo di Yogyakarta, Kamis.

Agar dapat menghubungkan dengan pemberi kerja, kata Bowo, seluruh peserta Kartu Prakerja diharapkan dapat melaporkan ke Disnakertrans DIY bahwa seluruh program pelatihan kerja dan wirausaha telah mereka ikuti dengan melengkapi identitas diri.

Dengan demikian, para calon pemberi kerja atau perusahaan akan mengetahui kompetensi yang dimiliki seluruh peserta dan kemudian bisa langsung menghubungi yang bersangkutan.

"Harapan kita warga DIY yang berkesempatan masuk program kartu prakerja bisa melaporkan ke dinas, baik provinsi maupun di kabupaten/kota agar nanti bisa kami data dan kami hubungkan dengan pemberi kerja," kata dia.

Sedangkan bagi peserta yang ingin berwirausaha, kata dia, juga diharapkan tetap melaporkan ke dinas. Tujuannya, akan memudahkan jika suatu saat muncul program pembinaan untuk mengembangkan usaha mereka.

"Kalau semua peserta bisa melaporkan ke kami, kami bisa mengklasifikasi dan menganalisis mana yang harus bersentuhan dengan dunia kerja dan mana yang harus dibina," kata dia.

Menurut Bowo, kendati mengetahui jumlah peserta kartu prakerja, Disnakertrans DIY tidak dapat memantau perkembangan seluruh peserta hingga program itu berakhir. Oleh sebab itu, pelaporan harus dilakukan secara mandiri oleh masing-masing peserta.

Ia menyebutkan, jumlah total peserta Program Kartu Prakerja di DIY mencapai 12.763 orang yang tersebar di Kabupaten Bantul sebanyak 3.249 orang, Kabupaten Gunungkidul 1.801 orang, Kulon Progo 1.402 orang, Sleman 4.113 orang, dan Kota Yogyakarta mencapai 2.198 orang.

"Dari awal, program ini memang untuk mengurangi jumlah pengangguran atau yang belum mendapatkan kesempatan kerja dengan meningkatkan kompetensi mereka," kata dia.*
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar