Masyarakat Kulon Progo swadaya kembangkan pusat kuliner

id gerai makanan,pusat kuliner,bendungan,Kulon Progo,DPRD Kulon Progo

Masyarakat Kulon Progo swadaya kembangkan pusat kuliner

Anggota DPRD Kulon Progo Sandy Yulistya melarisi makanan tradisional di Pusat Kuliner Bendungan. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Masyarakat di Desa Triharjo, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, secara swadaya memanfaatkan lahan sepanjang 200 meter milik Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak di dekat Jembatan Bendungan sebagai Taman Pesona Nggirli dan pusat kuliner.

Kepala Dusun Kularan, Aman Sujarwoko mengatakan di Kulon Progo, Kamis, mengatakan Taman Pesona Nggirli ini memiliki letak yang cukup strategis karena berada di perbatasan antara Desa Triharjo, Ngestiharjo dan Bendungan, sehingga diyakini akan banyak mengundang masyarakat untuk berkunjung.

"Taman wisata dan kuliner ini merupakan upaya masyarakat Kularan meningkatkan perekonomian meski pandemi COVID-19 masih belum usai. Kami secara swadaya membangun taman kuliner dan wisata tersebut. Harapannya perekonomian meningkat," kata Aman.

Ia mengatakan di taman tersebut akan tersedia beragam kuliner khas Kulon Progo, seperti geblek, bakpia dan sejumlah makanan lainnya. Ke depan, pengembangan masih akan dilakukan, yaitu dengan menciptakan wisata air untuk mendukung keberadaan kuliner dan wisata foto yang sudah ada.

"Kami pada masa pandemi ini ingin bangkit kembali membangun ekonomi. Kami tidak bisa menggantungkan bantuan dari pemerintah untuk bertahan hidup. Kami harus tetap berusaha dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, dan menyediakan tempat cuci tangan bagi pengunjung," katanya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Kepala Desa Triharjo, Raden Sukirno mengatakan Taman Nggirli atau Pinggir Kali (Sungai) tersebut akan menjadi destinasi wisata baru yang turut akan memberdayakan UKM.

"Kedepannya, kami masih dimungkinkan akan dikembangkan wisata edukasi, dan juga rest area," harapnya.

Sementara itu, Anggota Komisi II DPRD Kulon Progo dari Dapil I (Wates, Panjatan dan Temon) Sandy Yulistya Prihandini mengaku dirinya mendukung penuh dibukanya Taman Pesona Nggirli dan pusat kuliner tersebut.

Ia berharap dengan adanya Taman Pesona Nggirli dan pusat kuliner di Bendungan ini mampu menggerakan perekonomian masyarakat. Pada masa pandemi ini, masyarakat perlu didukung dalam pengembangan ekonomi keluarga. Masyarakat dapat berjualan kembali, tanpa menggantungkan bantuan pemerintah untuk bertahan hidup.

"Memasuki new normal ini, ekonomi masyarakat harus dibangkitkan kembali. Kami sangat berharap Taman Pesona Nggirli dan pusat kuliner mampu membangkitkan dan menggerakan ekonomi masyarakat," harapnya.

Sandy mengucapkan terima kasih kepada PT Pegadaian, Bank Pasar dan Bank BPD DIY yang memberikan bantuan kepada pelaku usaha wisata dan kuliner, serta membantu terwujudnya Taman Pesona Nggirli dan pusat kuliner di Desa Triharjo ini.

"Saya juga siap mendukung Taman Pesona Nggirli tersebut sesuai dengan kapasitas saya sebagai wakil rakyat. Sebagai awal, Taman Pesona Nggirli mendapat bantuan tenda dari ," tutur Sandy.

Dia mengharapkan, taman pesona nggirli tersebut setidaknya akan meningkatkan dan mengembangkan perekonomian masyarakat sekitar. Selain itu, taman Kuliner ini harapannya akan memicu masyarakat lainnya untuk meningkatkan perekonomiannya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar