Sleman gelar sosialisasi protokol COVID-19 untuk PAUD

id Sosialisasi protokol COVID-19,Sosialisasi protokol PAUD,Bupati Sleman,Protokol kesehatan ,Paud,Kabupaten Sleman

Sleman gelar sosialisasi protokol COVID-19 untuk PAUD

Bupati Sleman Sri Purnomo pada sosialisasi protokol COVID-19 untuk lembaga PAUD. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Sleman).

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Purnomo membuka kegiatan Sosialisasi Protokol COVID-19 di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk menghadapi era normal baru di Kantor Kecamatan Depok, Selasa.

"Meski kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Sleman belum dibuka, namun masyarakat perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi tata normal baru di lingkungan sekolah nantinya," kata Sri Purnomo.

Menurut dia, dengan adaptasi yang baik, diharapkan penyebaran COVID-19 di lingkungan sekolahan dapat dihindari.

"Dengan adanya COVID-19 ini bukan berarti kita menghadapinya tanpa aktivitas. Kita tetap hadapi namun dengan protokol kesehatan di era normal baru ini," katanya.

Ia mengatakan normal baru bukan berarti kembali beraktivitas dengan bebas seperti sebelum adanya pandemi COVID-19, namun masyarakat tetap harus menyesuaikan diri dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ia juga mengimbau masyarakat terus waspada dan menerapkan protokol kesehatan sehingga tidak ada penyeberan virus corona jenis baru itu untuk gelombang kedua seperti yang terjadi di sejumlah tempat.

"Kita lihat di beberapa negara yang sempat 'lockdown', ketika karantina dibuka, akhirnya banyak lagi yang tertular. Mari menjadikannya itu pelajaran agar tidak mengulangi kejadian tersebut," katanya.

Ketua I Forum PAUD Kecamatan Depok Resmi Widyati mengatakan sampai saat ini kegiatan pembelajaran PAUD masih dilakukan secara daring.

Namun, katanya, melihat kegiatan perekonomian yang sudah mulai kembali dibuka, PAUD juga harus mempersiapkan diri.

"Para orang tua siswa juga sudah mulai kembali bekerja, lalu muncul masalah bagaimana dengan anak-anak mereka. Maka PAUD yang sudah seperti rumah kedua bagi anak-anak harus segera mempersiapkan diri untuk beradaptasi dengan kondisi normal baru ini," katanya.

Dalam sosialisasi tersebut dihadirkan sejumlah narasumber, di antaranya dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, PMI Kabupaten Sleman, dan Puskesmas Depok 3.

Kegiatan itu juga dihadiri tamu berjumlah 50 orang yang terdiri atas kepala dan pengelola lembaga PAUD KB, TPA, dan SPS di wilayah Kecamatan Depok dengan menerapkan protokol kesehatan, antara lain jaga jarak, pemeriksaan suhu tubuh, dan penggunaan cairan pembersih tangan.
 
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar