Kemendag bantu kelengkapan sarana kesehatan pasar rakyat di DIY

id Kemendag,Pasar rakyat,Yogyakarta,Kemendag peduli

Kemendag bantu kelengkapan sarana kesehatan pasar rakyat di DIY

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto (kiri) menyerahkan bantuan "Kemendag Peduli" secara simbolis kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (2/7/2020). ANTARA/Luqman Hakim.

Yogyakarta (ANTARA) - Kementerian Perdagangan memberikan bantuan kelengkapan sarana dan alat kesehatan untuk sejumlah pasar rakyat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai persiapan menyambut penerapan tatanan normal baru.

Bantuan "Kemendag Peduli" itu diserahkan langsung oleh Menteri Perdagangan Agus Suparmanto kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Kamis.

"Ini merupakan langkah nyata Kementerian Perdagangan dalam mendukung dan memfasilitasi pedagang pasar rakyat dalam menghadapi pandemi COVID-19 di era new normal agar pedagang pasar rakyat dapat terus berjalan," kata Menteri Agus.

Ia berharap fasilitas pendukung protokol kesehatan yang diberikan kepada pasar rakyat DIY ini mampu merangsang kembali kegiatan perekonomian masyarakat.

Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, menurut dia, telah melakukan realokasi anggaran untuk penanggulangan COVID-19, berupa bantuan alat dan sarana kesehatan untuk pedagang dan pembeli di 157 pasar rakyat di seluruh Indonesia dengan total anggaran Rp5,4 miliar. Khusus untuk DIY dialokasikan untuk tujuh pasar rakyat.

Agus berharap perekonomian Indonesia bangkit kembali seiring dibukanya kegiatan perdagangan, khususnya di pusat perbelanjaan dan pasar rakyat. Namun demikian, ia menekankan dalam pelaksanaannya, protokol kesehatan tetap menjadi yang utama diterapkan.

Bantuan yang diserahkan oleh Kemnedag di antaranya berupa APD, kacamata APD, masker medis, hand gloves, gace shield, cover shoes, suplemen, beras, minyak, sabun antiseptik, donasi uang, bilik antiseptik, wastafel cuci tangan, tangki air, masker, sarung tangan plastik, sarung tangan lateks, dan sabun cair.

Sementara itu, Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X mengapresiasi Kementerian Perdagangan yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat Yogyakarta.

Sultan mengatakan bahwa berbagai pihak perlu bergerak cepat untuk dapat beradaptasi saat memasuki era normal baru, sehingga segera lepas dari pandemi COVID-19.
 
Pewarta :
Editor: Eka Arifa
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar