Disperindag: Penempatan kembali pedagang Pasar Prawirotaman Yogyakarta sesuai zona

id pasar prawirotaman,revitalisas,penempatan pedagang, zona

Disperindag: Penempatan kembali pedagang Pasar Prawirotaman Yogyakarta sesuai zona

Pekerjaan revitalisasi Pasar Prawirotaman Yogyakarta. ANTARA/Eka AR

Yogyakarta (ANTARA) - Penempatan kembali pedagang Pasar Prawirotaman Yogyakarta akan diatur sesuai zona berdasarkan jenis barang dagangan setelah seluruh pekerjaan fisik revitalisasi pasar rakyat di Yogyakarta bagian selatan tersebut rampung.

"Nanti disesuaikan zona. Pedagang akan ditempatkan di lantai 1,2, dan 3 pasar sesuai zona," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono di Yogyakarta, Kamis.

Namun demikian, ia mengatakan masih menyusun rencana penempatan zona di bangunan Pasar Prawirotaman yang baru untuk kemudian disosialisasikan kepada pedagang.

"Biasanya, untuk barang dagangan berupa daging atau bahan basah lainnya akan ditempatkan di lantai satu. Tetapi, kami akan susun sesuai kondisi bangunan pasar,"  katanya.

Pekerjaan fisik revitalisasi Pasar Prawirotaman yang berlokasi di Jalan Parangtritis Yogyakarta tersebut saat ini mencapai sekitar 85 persen dan diperkirakan seluruh pekerjaan dapat diselesaikan pada September 2020.

Bangunan pasar yang semula hanya satu lantai akan berubah menjadi bangunan yang jauh lebih besar yaitu empat lantai ditambah basement untuk kebutuhan parkir kendaraan pedagang maupun konsumen.

Sedangkan lantai empat atau rooftop akan dimanfaatkan untuk kebutuhan pengembangan ekonomi kreatif di Yogyakarta.

Karena bangunan pasar menjadi semakin besar, Yunianto mengatakan setiap pedagang akan memperoleh kios, los maupun lapak dengan luasan yang lebih besar karena tidak akan ada penambahan pedagang baru.

"Tetap 619 pedagang sesuai jumlah pedagang yang ada di pasar tersebut. Yang dulu punya kios, ya tetap dapat kios, begitu juga dengan pedagang yang punya los atau lapak. Hanya saja, tidak berdesak-desakan seperti dulu. Yang pasti lebih nyaman," katanya.

Selain mengatur pedagang berdasarkan zona, pengaturan yang juga akan dilakukan di Pasar Prawirotaman adalah penerapan protokol kesehatan untuk mengantisipasi potensi penularan virus corona.

"Pasar Prawirotaman akan menjadi pasar sehat. Seluruh sarana dan prasarana yang ada sangat mendukung, mulai dari bangunan berkonsep green building, kelengkapan tempat pengolahan sampah, sirkulasi udara dan pencahayaan serta fasilitas sanitasi," katanya yang menyebut pasar juga akan dilengkapi eskalator dan lift.

Dengan demikian, Yunianto pun berharap pedagang dapat mengubah cara pandangnya yaitu menjaga pasar agar selalu dalam kondisi yang bersih.

"Pasar rakyat tidak harus identik dengan kondisi yang kumuh, tetapi bisa juga merupakan tempat yang bersih, sejuk, dan nyaman," katanya yang bahkan memastikan pasar tersebut bebas asap rokok.

Dengan berbagai perubahan di Pasar Prawirotaman, maka dimungkinkan pasar rakyat tersebut akan naik kelas.

Berdasarkan Peraturan Wali Kota Yogyakarta Nomor 51 Tahun 2017, Pasar Prawirotaman sebelumnya masuk dalam kategori pasar kelas IV. Perubahan kelas pasar juga akan berdampak pada besaran retribusi yang dibayarkan pedagang.

Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar