Pemda DIY optimistis penyaluran bansos sudah tepat sasaran

id Bansos,Sekda diy,Yogyakarta

Pemda DIY optimistis penyaluran bansos sudah tepat sasaran

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji (FOTO ANTARA/HO/Humas Pemda DIY)

Yogyakarta (ANTARA) - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta meyakini penyaluran bantuan sosial sudah sesuai dengan sasaran warga terdampak COVID-19 di lima kabupaten/kota meski masih perlu pencocokan ulang untuk memastikan.

"Kita kok optomistis bahwa orang yang berhak sudah mendapatkan tapi untuk memastikan kita sepakati kabupaten/kota akan mengirimkan data yang sudah diberikan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji di Gedhong Pracimasana, Kepatihan, Yogyakarta, Jumat.

Berdasarkan hasil Rapat Evaluasi Pemberian Bantuan Sosial di DIY, menurut dia, disepakati bahwa pemerintah kabupaten/kota akan menyerahkan data penerima bansos kepada pemerintah provinsi untuk dilakukan pencocokan antara dana dari pusat serta bantuan sosial dari DIY.

Dengan demikian, kata dia, akan diketahui siapa yang telah dan belum menerima bantuan sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

"Ada empat sumber (bansos) dari pusat, DIY, kabupaten, dan desa, dari situ akan ketemu DTKS yang sudah siapa dan DTKS yang belum menerima siapa," kata dia.

Sebelumnya, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X telah berpesan bahwa untuk membangun akuntabilitas di setiap kelurahan, ia meminta agar daftar nama calon penerima bansos dapat ditempel di setiap kelurahan. Pembagiannya akan dilakukan sesuai nama dan alamat sehingga tidak dapat diwakilkan.

"Bagi mereka yang merasa belum mendapatkan, yang mestinya kondisi ekonominya perlu bantuan, silakan sampaikan kepada kelurahan," kata dia.

Sebaliknya, bagi masyarakat yang telah mendapatkan bantuan ganda dari pemerintah diharapkan jujur dan mengembalikannya.

"Kalau itu dianggap ganda dan tidak berhak ya duit itu dikembalikan," kata Sultan.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar