Jembatan baru GL Zoo dibuka sebelum akhir 2020

id jembatan gl zoo,operasional,pembukaan,normalisasi median

Jembatan baru GL Zoo dibuka sebelum akhir 2020

Jembatan baru GL Zoo Yogyakarta yang berada di sisi selatan masih ditutup meski pekerjaan fisiknya selesai pada akhir 2019. Saat sudah dibuka, jembatan baru akan digunakan untuk kendaraan ke barat dan kendaraan ke arah timur melintas di jembatan lama yang berada di sisi utara. ANTARA/Eka AR

Yogyakarta (ANTARA) - Jembatan baru GL Zoo Yogyakarta yang pembangunan konstruksinya sudah rampung pada akhir 2019 diharapkan sudah bisa dibuka sebelum akhir 2020 karena dalam waktu dekat segera dilakukan normalisasi pembatas jalan untuk memudahkan manuver kendaraan.



"Perencanaan untuk penyempurnaan desain sudah ada, tinggal direalisasikan. Karena terjadi pandemi COVID-19, maka pekerjaan fisiknya sempat terkendala, tetapi akan kami upayakan untuk bisa dilakukan dalam waktu dekat," kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta Umi Akhsanti di Yogyakarta, Sabtu.



Menurut dia, pekerjaan fisik untuk penyempurnaan fungsi jembatan akan dilakukan terhadap dua aspek yaitu memindahkan tiang listrik yang ada di sisi jembatan serta normalisasi median jalan.



Untuk pemindahan tiang listrik, DPUPKP Kota Yogyakarta berkomunikasi dengan PT PLN. "Dari dua tiang listrik yang ada di tepi jembatan, hanya satu yang akan dipindah, yaitu tiang di sisi barat," katanya.



Pemindahan tiang listrik tersebut, lanjut dia, sebenarnya dapat dilakukan dalam waktu yang cepat. Hanya saja, PLN perlu melakukan penjadwalan untuk pemadaman listrik agar konsumen tidak dirugikan.



"Tiang listrik di tepi jembatan tersebut juga menyuplai listrik untuk pelanggan industri besar yang ada di kawasan itu. Tentunya, harus ada penjadwalan terlebih dulu," katanya.



Setelah tiang listrik dipindahkan, akan dilanjutkan dengan pekerjaan memotong median jalan di sisi barat agar kendaraan bisa bermanuver dengan lebih leluasa.



"Lebar jalan di ujung sisi barat jembatan cenderung menyempit dan berbelok. Agar kendaraan bisa berbelok dengan mudah, terutama untuk kendaraan berbadan besar, maka median jalan perlu dipotong sedikit," katanya.



Seluruh pekerjaan untuk penyempurnaan desain tersebut diperkirakan memakan waktu sekitar dua bulan. "Mudah-mudahan pada akhir September seluruh pekerjaan sudah selesai dan jembatan bisa dibuka," katanya.



Sementara itu, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Windarto mengatakan pihaknya tetap berkoordinasi dengan DPUPKP Kota Yogyakarta mengenai pembukaan jembatan baru tersebut.



"Khususnya untuk manajemen lalu lintasnya. Jembatan baru itu akan digunakan bagi kendaraan dari timur ke barat. Sedangkan jembatan lama digunakan untuk kendaraan dari barat ke timur," katanya.



Windarto pun memastikan bahwa pengunjung dari arah barat yang akan masuk ke tempat wisata GL Zoo tidak akan kesulitan untuk memotong jalan.



"Tetap bisa memotong dan saya kira masih cukup aman bagi pengendara," katanya.



Jembatan baru GL Zoo berada tepat bersisian di sisi selatan dari jembatan lama. Kedua jembatan tersebut melintas Sungai Gajah Wong dan menjadi pintu masuk Kota Yogyakarta dari arah timur atau dari Jalan Kusumanegara.

Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar