Dua TK swasta di Yogyakarta berubah jadi TK negeri

id TK negeri,TK swasta,Yogyakarta,berubah

Dua TK swasta di Yogyakarta berubah jadi TK negeri

Peresmian dua TK negeri di Kota Yogyakarta, TK Negeri 5 dan TK Negeri 6 Yogyakarta yang dilakukan secara daring oleh Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti. Kedua TK tersebut semula berstatus sebagai TK swasta (Eka AR)

Perubahan TK swasta menjadi TK negeri ini merupakan komitmen Pemerintah Kota Yogyakarta untuk memperluas akses pendidikan.

Yogyakarta (ANTARA) - Dua taman kanak-kanak yang semula dikelola pihak swasta di Kota Yogyakarta secara resmi menyandang status sebagai TK negeri, sehingga terdapat enam TK negeri dari total 22O TK/RA di Kota Yogyakarta.

“Perubahan TK swasta menjadi TK negeri ini merupakan komitmen Pemerintah Kota Yogyakarta untuk memperluas akses pendidikan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Budi Ashrori di sela persemian TK di Yogyakarta, Senin.

Kedua TK swasta yang kini berubah menjadi sekolah negeri tersebut masing-masing adalah TK Lempuyangwangi yang kini menjadi TK Negeri 5 Yogyakarta dan TK Dharma Rini yang kini menjadi TK Negeri 6 Yogyakarta. Keduanya ditetapkan sebagai sekolah negeri berdasarkan SK Wali Kota Yogyakarta Nomor 342 Tahun 2020 tertanggal 25 Juni 2020.

Baca juga: Bantul memperketat penerapan protokol kesehatan di pasar tradisional

Peresmian perubahan status kedua TK tersebut dilakukan secara langsung oleh Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti dalam upacara yang digelar secara daring, dipusatkan dari Ruang Yudhistira Kompleks Balai Kota Yogyakarta.

Kedua TK swasta tersebut diubah menjadi TK negeri dengan berbagai pertimbangan yaitu kedua sekolah tersebut dinilai mampu memenuhi berbagai syarat yang ditetapkan, serta memenuhi upaya pemerataan akses pendidikan anak usia dini di Kota Yogyakarta.

“Pada awalnya, di Kota Yogyakarta hanya memiliki dua TK negeri dan dalam 10 tahun terakhir hingga saat ini ada tambahan empat TK swasta yang berubah menjadi TK negeri,” katanya.

Pada tahun ajaran 2020/2021, jumlah siswa baru di dua TK tersebut, masing-masing sekitar 50 siswa di TK Negeri 5 Yogyakarta dan sekitar 10 siswa di TK Negeri 6 Yogyakarta.

Baca juga: UKM di Bantul bisa bertahan meski terdampak COVID-19

Dengan beralih status menjadi sekolah negeri, maka kedua TK tersebut kini secara formal maupun administratif mendapatkan dukungan secara penuh oleh Pemerintah Kota Yogyakarta, di antaranya fasilitas penyelenggaraan pendidikan ke masyarakat.

Pada tahun ajaran baru 2020/2021, kegiatan belajar mengajar tetap dilakukan dengan cara pembelajaran jarak jauh sebagai upaya meminimalkan potensi penyebaran COVID-19.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti berharap, kedua TK tersebut mampu memenuhi fungsinya untuk mendukung pembelajaran anak usia dini di Kota Yogyakarta.

“Harapannya, akan ada semakin banyak TK swasta yang berubah menjadi TK negeri dan terjadi peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini meskipun pada saat seperti ini, saat terjadi pandemi, pembelajaran akan banyak dilakukan secara online,” katanya

Baca juga: Pemkot Yogyakarta pastikan stok pangan mencukupi

Menurut dia, pendidikan anak usia dini di TK akan menjadi penentu seorang siswa dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. “Jika anak merasa senang bersekolah saat TK, maka untuk pendidikan di jenjang selanjutnya akan sukses karena mereka merasa senang bersekolah,” katanya.

Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar