Pendaftaran uji kir di Kota Yogyakarta dapat diakses melalui JSS

id uji kir,kendaraan, yogyakarta,pendaftaran,jss

Pendaftaran uji kir di Kota Yogyakarta dapat diakses melalui JSS

Layanan uji kir untuk angkutan barang dan penumpang di UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Kota Yogyakarta (Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Layanan pendaftaran uji kir untuk kendaraan barang dan penumpang di Kota Yogyakarta semakin mudah karena saat ini sudah bisa diakses melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS) sehingga pemilik kendaraan bisa mendaftar secara daring.



“Dengan mendaftar secara online, padatnya loket tiket pendaftaran pengujian bisa diurai,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Bayu Setyawan Heru Purnomo di Yogyakarta, Jumat.



Pemilik kendaraan yang akan melakukan pengujian cukup membuka aplikasi Jogja Smart Service (JSS) dan memilih menu KIR Online yang ada di layanan umum.



Aplikasi JSS tersebut bisa diunduh melalui playstore untuk pengguna telepon selular dengan sistem operasi Android atau diakses melalui laman https://jss.jogjakota.go.id.



Selanjutnya, pemilik kendaraan bisa melakukan pendaftaran melalui menu booking dan memilih layanan uji kendaraan yang sesuai, yaitu uji berkala untuk kendaraan yang sudah terdaftar, uji baru untuk kendaraan yang belum pernah melakukan pengujian, atau mutasi masuk untuk kendaraan yang belum pernah melakukan uji dari luar daerah.



“Dari masing-masing pilihan menu, pemilik kemudian diwajibkan mengisi formulir yang sudah disediakan. Apabila seluruh data sudah diisi, maka pemilik akan memperoleh barcode sebagai bukti telah melakukan pendaftaran secara online,” katanya.



Dalam menu tersebut, pemilik kendaraan juga bisa memilih tanggal pelaksanaan uji kir. Pendaftaran bisa dilakukan hingga maksimal satu bulan sebelum hari H yang dipilih.



“Satu akun JSS maksimal bisa digunakan untuk mendaftar dua kendaraan per hari,” katanya.



Layanan uji kir kendaraan di Kota Yogyakarta sempat dihentikan pada awal April akibat pandemi COVID-19, namun layanan tersebut kembali dibuka pada awal Juni dengan menerapkan protokol kesehatan.



Pemilik kendaraan diminta mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan yaitu mencuci tangan, menggunakan masker, melakukan pengukuran suhu tubuh dan selalu menjaga jarak.



Petugas penguji juga mematuhi aturan protokol kesehatan dengan mengenakan alat pelindung diri.



Seluruh proses pengujian kendaraan yang dilakukan di UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Kota Yogyakarta dilakukan secara digital. Proses pengujian untuk satu kendaraan rata-rata membutuhkan waktu lima hingga 10 menit.



Total jumlah kendaraan penumpang, barang dan kendaraan khusus yang wajib menjalani uji KIR di Kota Yogyakarta tercatat sekitar 8.500 unit. Uji kir berlaku enam bulan dan harus dilakukan pengujian ulang.

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar