PMI pusat memberi penghargaan 10 desa Program Sibat di Sleman

id Penghargaan PMI Sleman,Donor darah PMI,Donor PMI Sleman,Wabup Sleman,PMI pusat,PMI DIY,Kabupaten Sleman

PMI pusat memberi penghargaan 10 desa Program Sibat di Sleman

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun menyerahkan penghargaan kepada 10 desa Program Sibat di Sleman. Foto Antara/HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) pusat melalui PMI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyerahkan penghargaan kepada sepuluh desa Program Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Tim Sibat) di Kabupaten Sleman, Sabtu.

Penyerahan secara simbolis dilakukan bersamaan oleh Wakil Bupati Sleman, Sekretaris PMI DIY dan Ketua PMI Kabupaten Sleman dalam acara donor darah PMI Kabupaten Sleman bersama seluruh PMI Kecamatan di GOR Pangukan, Tridadi, Sleman.

Sepuluh desa tersebut yaitu Girikerto, KecamatanTuri, Desa Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Desa Tridadi, Kecamatan Sleman, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Desa Sardonoharjo, Kecamatan Ngaglik.

Selain itu Desa Condongcatur, Kecamatan Depok, Desa Sumberrahayu, Kecamatan Moyudan, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Desa Sidoagung, Kecamatan Godean dan Desa Margodadi, Kecamatan Seyegan.

Sekretaris PMI DIY Arif Noor Hartanto mengatakan bahwa penghargaan ini untuk memberikan penguatan dan apresiasi pada desa-desa di Kabupaten Sleman yang memiliki kemauan dan kemandirian cukup bagus di dalam berbagai respon keadaan kedaruratan maupun kebutuhan kemanusiaan lainnya.

Adapun penghargaan yang diberikan yaitu uang sebesar Rp10 juta dan alat perlindungan diri (APD) untuk penanganan COVID-19.

"Program ini jangan dibenturkan dengan program pemda, tapi program ini bisa bersinergi dengan program pemerintah daerah melalui BPBD," katanya.

Arif juga menyambut baik kegiatan donor darah yang dilakukan PMI Kabupaten Sleman bersama PMI seluruh Kecamatan di Sleman.

"Kegiatan ini merupakan momentum yang sangat baik," katanya.

Ia mengatakan PMI Sleman bukan hanya mengajak dan mengkampanyekan berdonor darah, namun juga pada acara tersebut seluruh pengurus dan relawan beserta keluarga melakukan langsung kegiatan donor darah.

"Mudah-mudahan dari kegiatan ini menjadi inspirasi bagi seluruh elemen masyarakat untuk menjadi pendonor, membantu melalui kerja kemanusian syukur bisa dilaksanakan rutin," katanya.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun berharap kegiatan donor darah yang dilakukan PMI Kabupaten Sleman bisa berjalan secara rutin.

Ia juga mengajak masyarakat untuk secaraberkala melakukan donor darah karena dapat membuat tubuh sehat.

"Menjadi pendonor itu tidak rugi, malah untung karena tubuh akan meregenerasi sel darah baru dan secara tidak langsung kesehatan akan dikontrol," katanya.

Muslimatun juga mengapresiasi langkah PMI Sleman yang telah melakukan penandatangan nota kesepahaman bersama dengan karang taruna yang diawali dari Karang Taruna Giri Taruna Bakti, Girikerto, Turi Sleman beberapa waktu lalu untuk mengatasi kekurangan stok darah di Sleman.

"Saya berharap karang taruna lain di wilayah Sleman dapat melakukan hal serupa dengan bekerja sama dalam hal kemanusiaan untuk memenuhi stok darah. Harapannya ini dapat diikuti seluruh karang taruna di 86 desa yang ada di Kabupaten Sleman," katanya.

Sri Muslimatun mengatakan jika hal ini terlaksana maka dapat membantu pemenuhan ketersediaan stok darah di Kabupaten Sleman.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024