Evan Dimas anggap berkarier di luar negeri untuk pengembangan mental

id Persija Jakarta,Evan Dimas Darmono

Evan Dimas anggap berkarier di luar negeri untuk pengembangan mental

Pemain Persija Jakarta Evan Dimas (kiri) dan Riko Simanjuntak berselebrasi usai menjebol gawang Borneo FC dalam pertandingan pekan pertama Shopee Liga 1 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (1/3/2020). Persija menang dengan skor 3-2. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Gelandang Persija Jakarta Evan Dimas Darmono menganggap berkarier di luar negeri merupakan pengembangan mental yang tepat untuk para pesepak bola Tanah Air.

Pada 2018 silam, pemain asal Surabaya itu membela klub Liga Malaysia Selangor FA. Total Evan mencatatkan 20 penampilan saat berseragam klub berjuluk Gergasi Merah itu.

"Menurut saya sangat penting untuk memiliki pengalaman berkarier di luar negeri apalagi banyak pemain yang sudah bermain di timnas terkadang membuat cepat puas," kata pemain bernomor punggung enam itu seperti dikutip dari laman resmi Persija Jakarta yang dipantau di Jakarta, Jumat.



"Namun saat bermain di luar negeri, mindset kita seperti mulai dari nol lagi. Apalagi hitungannya kita dianggap sebagai pemain asing. Hal itu yang membuat mental bermain kita terasah untuk membuktikan kita tidak sama dengan pemain lokal sana," katanya.

Evan menambahkan bahwa bermain di luar negeri juga sangat banyak memberikan pelajaran bagi dirinya, terutama saat berhadapan dengan pemain dari berbagai negara.

"Ditambah lagi bermain di luar negeri banyak memberikan pengalaman yang baik buat karier kita sendiri. Kalau skill maupun taktik bisa saja kita dapatkan di sini, namun mental dan pengalaman pastinya lebih bagus saat bermain di luar negeri," pungkasnya.



Sebelum bermain untuk Selangor, Evan sebenarnya berkesempatan mengikuti uji coba di klub strata kedua Spanyol Llagostera pada 2015 silam.

Selanjutnya pada 2016, ia mengikuti program latihan selama empat bulan di Espanyol B. Sayangnya saat di Espanyol ia mengalami cedera dan gagal bersinar di sana. Pada Juni 2016, Evan kemudian kembali ke Indonesia dan bergabung dengan Bhayangkara FC.
 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar