SGM Eksplor menghadirkan "Bersatu dan Kuat Festival"

id sgm eksplor

SGM Eksplor menghadirkan "Bersatu dan Kuat Festival"

SGM Eksplor menghadirkan kegiatan online "Bersatu dan Kuat Festival" (HO-SGM)

Yogyakarta (ANTARA) - SGM Eksplor menghadirkan "Bersatu dan Kuat Festival" yang berisi berbagai tips bermain sambil belajar di rumah untuk mendukung potensi prestasi si kecil menjadi anak generasi maju.

"Pada momen peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2020, sejalan dengan tema 'Anak Indonesia Gembira Di Rumah', SGM Eksplor menawarkan kegembiraan  kepada anak-anak di rumah melalui kegiatan online 'Bersatu dan Kuat Festival'," kata Marketing Manager SGM Eksplor Astrid Prasetyo.

Dalam rilis yang diterima di Yogyakarta, Senin, Astrid mengatakan kegiatan online ini juga merupakan salah satu upaya yang dilakukan SGM Eksplor untuk mendukung stimulasi anak Indonesia agar bisa tumbuh menjadi generasi maju.

Menurut dia, orang tua merupakan guru pertama dan utama bagi anak. Oleh karena itu, sebagai orang tua, penting untuk bisa terus beradaptasi dengan berbagai kondisi dan perubahan yang terjadi agar tetap bisa mengajarkan anak di rumah.

Selain itu, orang tua juga harus menyadari peran pentingnya untuk bisa memberikan stimulasi yang tepat agar tetap dapat mendukung potensi prestasi si kecil berkembang optimal sesuai dengan tahap tumbuh kembangnya.

"Selaras dengan tema peringatan HAN 2020 'Anak Indonesia Gembira Di Rumah',  kami ingin menginspirasi para bunda tentang cara menjaga anak-anak tetap sehat dan gembira bermain di rumah serta mengedukasi tentang pentingnya dukungan pemenuhan nutrisi dan stimulasi tepat untuk terwujudnya Anak Generasi Maju melalui rangkaian kegiatan online 'Bersatu dan Kuat Festival'," katanya.

Melalui "Bersatu dan Kuat Festival", SGM Eksplor menyediakan berbagai konten edukatif dan aplikatif untuk mendukung para bunda mengembangkan serta membentuk 5 potensi prestasi anak generasi maju yaitu berpikir kreatif, bantu tumbuh kembang,  supel, mandiri, dan percaya diri.

"Konten edukasi digital yang kami tayangkan antara lain interaksi langsung bersama para ahli melalui sesi 'talkshow' dengan tema 'Bagaimana menjadi guru di rumah untuk mempersiapkan si kecil menjadi generasi maju'dan kegiatan-kegiatan lain untuk mengasah potensi prestasi si kecil yang bisa dilakukan di rumah, seperti DIY, olahraga seru di rumah, resep mudah dan sehat," katanya.

Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani mengatakan proses bertumbuh dan berkembang bagi si kecil, termasuk juga proses belajar, sangat tergantung pada kehangatan interaksi si kecil bersama orang tuanya.

Walaupun mungkin bunda bukan seorang guru di sekolah, penting sekali bagi bunda agar bisa menjadi guru buat si kecil di rumah. Kembalikan konsep orang tua sebagai guru pertama dan utama bagi si kecil.

"Program seperti 'Bersatu dan Kuat Festival' ini sangat menarik karena dapat mengingatkan para orang tua tentang perannya sebagai guru pertama dan utama bagi si kecil," katanya.

Menurut dia, bunda harus bisa kreatif dalam mengajari si kecil agar si kecil tetap bisa bergembira belajar di rumah,. Salah satunya dengan mengkombinasikan belajar dengan bermain atau bisa disebut bermain bersama bunda.

"Bermain bersama bunda bisa dibuat dengan adanya tujuan pembelajaran untuk si kecil. Kegiatan yang dilakukan bukan sekadar sesuatu yang spontan, namun direncanakan dengan target belajar tertentu," katanya.

Target, misalnya, ingin meningkatkan 5 potensi prestasi si kecil, yaitu berpikir kreatif, bantu tumbuh kembang, supel, mandiri, dan percaya diri. Bunda bisa memilih kegiatan yang sesuai pilihan si kecil sehingga menyenangkan, menyesuaikan waktu berkegiatan dengan rutinitas si kecil untuk membuat jadwal, juga konsisten mengulangi kegiatan sampai target belajar tercapai, dan tentunya tetap melakukan lebih banyak gerakan.

"Jadi, walaupun direncanakan namun tetap dilakukan dengan asyik dan seru sehingga tetap menyenangkan," kata Anna Surti Ariani yang akrab disapa Nina.

Aktris Alyssa Soebandono mengatakan orang tua harus menyadari bahwa anak-anak adalah generasi penting yang akan memajukan bangsa di masa depan.

"Oleh karena itu, tentunya kita akan mengupayakan agar anak kita bisa tumbuh optimal untuk menjadi generasi maju yang bisa ikut memajukan Indonesia ke depan," kata ibu dua anak itu.

Dalam kondisi pandemi  COVID-19 ini, kata dia, aktivitas di luar rumah anak-anak dibatasi, sehingga orang tua dituntut lebih kreatif dalam mencari kegiatan seru bersama anak-anak selama masa karantina ini. Pada saat seperti inilah peranan keluarga, terutama orang tua sangat penting untuk bisa menstimulasi potensi prestasi anak.

"Saya selalu berusaha untuk membuat suasana rumah senyaman mungkin dan juga tetap mencari informasi terbaru tentang stimulasi yang tepat untuk mendukung tumbuh kembang optimal anak. Seperti konten-konten edukasi dalam platform 'online Bersatu dan Kuat Festival', sangat membantu saya dalam memastikan si kecil terstimulasi dengan tepat melalui panduan aktivitas sederhana yang bisa dilakukan di rumah saja," kata Alyssa.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024