PDAM Tirtamarta Yogyakarta menargetkan tambah 2.000 pelanggan 2021

id PDAM Tirtamarta,Yogyakarta,pelanggan

PDAM Tirtamarta Yogyakarta menargetkan tambah 2.000 pelanggan 2021

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti (kanan) memberikan selamat usai melantik Majiya (kiri) sebagai Direktur Utama PDAM Tirtamarta Yogyakarta periode 2020-2025 di Yogyakarta, Kamis (30/7). (HO-Humas Pemkot Yogyakarta)

Yogyakarta (ANTARA) - PDAM Tirtamarta Yogyakarta sebagai salah satu perusahaan umum daerah Pemerintah Kota Yogyakarta terus melakukan revitalisasi infrastruktur sebagai salah satu upaya untuk menggaet lebih banyak pelanggan, dan diharapkan mampu menambah 2.000 pelanggan pada 2021.

“Saat ini, total pelanggan PDAM mencapai 32.000 orang. Harapannya, pada akhir 2021 akan bertambah menjadi 34.000 pelanggan,” kata Direktur Utama PDAM Tirtamarta Yogyakarta Majiya di Yogyakarta, Kamis.

Revitalisasi infrastruktur yang sudah dilakukan PDAM Tirtamarta Yogyakarta di antaranya adalah penggantian jaringan pipa berusia tua dari simpang Wirobrajan hingga Sayidan Yogyakarta pada tahun ini.

“Pada Agustus, kami akan mulai melakukan sosialisasi ke masyarakat terutama yang berada di sepanjang simpang Wirobrajan hingga Sayidan untuk menjadi pelanggan PDAM Tirtamarta,” katanya.

Perbaikan jaringan pipa tersebut, lanjut dia, juga ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas air yang mengalir ke pelanggan termasuk saat musim kemarau meskipun pasokan air akan mengalami penurunan dibanding saat musim hujan.

“Kami pun akan mengoptimalkan sumur yang ada dengan ‘redrilling’, dan penggantian pompa di tiap sumur agar tidak ada kendala saat mengalirkan air ke pelanggan. Harapannya, pelanggan tetap bisa menikmati aliran air dari PDAM,” katanya.

Meskipun demikian, lanjut Majiya, jika pelanggan mengalami kekurangan air maka bisa menghubungi PDAM Tirtamarta. “Minimal ada 10 pelanggan yang saling berdekatan dan kesulitan air karena aliran tidak lancar, maka bisa menghubungi PDAM. Nanti akan ada droping air menggunakan truk tangki,” katanya.

Selain itu, PDAM Tirtamarta Yogyakarta juga akan mengoptimalkan corporate social responsibility berupa penyediaan air siap minum di lebih banyak lokasi.

Saat ini, air siap minum tersebut bisa diakses di tiga titik yaitu di depan kantor PDAM Tirtamarta, di ujung utara pedestrian Malioboro, serta di Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (Pasthy).

“Ke depan, akan diperbanyak secara bertahap sesuai zonasi,” katanya.

Majiya yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Umum PDAM Tirtamarta Yogyakarta resmi dilantik oleh Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Kamis (30/7) sebagai Direktur Utama Perumda PDAM Tirtamarta Yogyakarta untuk masa bakti 2020-2025.

Sementara itu, Haryadi meminta institusi yang akan genap berusia 102 tahun pada awal Agustus tersebut untuk berbenah memperbaiki kualitas pelayanan ke pelanggan.

“Sebagai sebuah korporasi, PDAM harus menjadi korporasi yang sehat, yang memberikan pelayanan terbaik ke pelanggan dan nantinya menjadi perusahaan kebanggaan masyarakat Yogyakarta,” katanya.

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024