Kemendikbud segera selesaikan kurikulum untuk masa pandemi COVID-19

id Menteri Nadiem, Mendikbud, PJJ

Kemendikbud segera selesaikan kurikulum untuk masa pandemi COVID-19

Menteri Nadiem dalam kunjungan ke beberapa sekolah di Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/7/2020). ANTARA/Katriana

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah berusaha untuk segera menyelesaikan kurikulum pendidikan yang akan disesuaikan dengan kebijakan adaptasi kebiasaan baru yang diterapkan saat pandemi COVID-19.

"Jadi dalam waktu dekat, bukannya sedang mengkaji, malah sedang diselesaikan (kurikulumnya)," kata Mendikbud Nadiem Makarim dalam taklimat media usai mengunjungi beberapa sekolah di Bogor Provinsi Jawa Barat, Kamis.

Ia mengatakan bahwa dalam waktu dekat Kemendikbud akan segera meluncurkan paket kebijakan yang berkaitan dengan kurikulum pendidikan di masa pandemi.

Ia meminta masyarakat untuk bersabar menunggu peluncurannya.

Namun demikian, ia menekankan bahwa esensi dari kurikulum tersebut adalah untuk memberikan kepercayaan diri kepada guru untuk melakukan penyederhanaan, perampingan terhadap konten atau materi kurikulum, sehingga para guru bisa lebih fokus pada hal-hal yang lebih esensial dan mendasar.

"Jangan semua kelengkapan yang penting, tapi pendalaman konsep yang fundamental. Karena kalau terlalu lebar, akan sulit juga, apalagi dengan tantangan sekolah PJJ," katanya.

Konsep penyederhanaan kurikulum itu, katanya, hampir selesai disiapkan dan akan diluncurkan dalam waktu yang sangat dekat.

"Jadi mohon ditunggu," demikian kata Menteri Nadiem.