Petrokimia Gresik dukung penelitian deteksi virus penyebab COVID-19

id petrokimia gresik,covid-19

Petrokimia Gresik dukung penelitian deteksi virus penyebab COVID-19

Penyerahan bantuan dana penelitian deteksi SARS-CoV-2 dari Petrokimia Gresik kepada RSUD Dr Soetomo Surabaya (HO-Humas PG)

Yogyakarta (ANTARA) - Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia, mendukung penelitian deteksi virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 di RSUD Dr Soetomo Surabaya, Jawa Timur.

"Dukungan perusahaan dalam bentuk pemberian dana penelitian sebesar Rp163 juta itu diserahkan secara simbolis di Gresik, Jawa Timur, Kamis (30/7)," kata Direktur Utama Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi dalam rilis yang diterima di Yogyakarta, Minggu (2/8).

Ia menjelaskan bahwa penelitian ini sangat penting mengingat RSUD Dr Soetomo merupakan rumah sakit rujukan COVID-19 tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim).

"Berdasarkan data Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim, hingga Sabtu (1/8) total kasus konfirmasi positif di Jatim sebanyak 22.324 atau tertinggi secara nasional, sehingga risiko penularan mayoritas kabupaten/kota di Jatim juga masih tinggi," katanya.

Menurut dia, penelitian ini akan dilakukan oleh tim dari Departemen Ilmu Mikrobiologi Klinik Universitas Airlangga Surabaya yang dipimpin Dr Eko Budi Koendhori SpMK(K).

Tujuannya untuk mendeteksi kontaminasi virus SARS-CoV-2 di berbagai lokasi baik udara maupun permukaan di lingkungan ruang rawat inap COVID-19 RSUD Dr Soetomo.

Dengan demikian, langkah pencegahan yang dilakukan dapat lebih optimal sekaligus memberi rasa aman bagi tenaga medis dalam memberikan pelayanan di area RSUD Dr Soetomo.

"Secara tidak langsung, bantuan untuk penelitian ini juga menjadi upaya kami dalam melindungi tenaga medis dari bahaya paparan COVID-19," ujar Rahmad.

Ia berharap hasil dari penelitian ini nanti dapat diterapkan atau menjadi referensi rumah sakit rujukan lainnya, baik di Jatim maupun di provinsi lainnya di Indonesia, mengingat sudah puluhan tenaga medis meninggal akibat terpapar virus usai menangani pasien COVID-19.

Bantuan ini melengkapi rangkaian dukungan Petrokimia Gresik untuk percepatan penanganan COVID-19, khususnya di bidang penelitian. Selama ini Petrokimia Gresik menyalurkan dalam bentuk alat pelindung diri (APD), obat-obatan, "hand sanitizer", dan disinfektan untuk mencegah penularan, serta sembako kepada masyarakat.

"Riset adalah sumber dari segala solusi sehingga kami sangat mendukung upaya-upaya penelitian dalam rangka mengatasi COVID-19," kata Rahmad.

Pada kesempatan yang sama, Petrokimia Gresik juga menyerahkan bantuan percepatan penanganan COVID-19 berupa "isolation transport" dan Swab Kit + VTM kepada RSUD Dr Soetomo, RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik, dan Rumah Sakit (RS) Universitas Airlangga Kota Surabaya.

Bantuan Swab Kit + VTM juga diberikan kepada Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar