KPU Gunung Kidul memverifikasi faktual tahap dua berkas perseorangan

id KPU Gunung Kidul,pilkada 2020

KPU Gunung Kidul memverifikasi faktual tahap dua berkas perseorangan

Anggota KPU Gunung Kidul Andang Nugroho (Foto ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan melakukan verifikasi faktual tahap kedua terhadap berkas pendaftaran kedua bakal pasangan calon perseorangan peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Anggota KPU Gunung Kidul Andang Nugroho di Gunung Kidul, Kamis, mengatakan verifikasi faktual itu dilaksanakan pada 10-16 Agustus 2020.

Hasil pleno KPU Gunung Kidul diketahui pasangan Anton Supriyadi-Suparno menyerahkan dukungan sebanyak 40.349 dukungan. Dari total dukungan itu yang dinyatakan memenuhi syarat dalam verifikasi administrasi sebanyak 29.125 pendukung dan sisanya sebanyak 11.224 pendukung tidak memenuhi syarat.

Selanjutnya, pasangan Kelick Agung Nugroho-Yayuk Kristiyawati menyerahkan sebanyak 51.021 dukungan. Adapun hasilnya, sebanyak 39.349 pendukung dinyatakan memenuhi syarat dan sisanya sebanyak 11.672 pendukung tidak memenuhi syarat.

"Di dalam verifikasi faktual ini apabila bisa memenuhi 45.443 pendukung, maka bisa mendaftar sebagai calon kepala daerah," kata Andang.

Sementara itu, bakal calon bupati independen Anton Supriyadi mengaku sudah menerima berita acara hasil verifikasi administrasi. Ia pun optimistis bisa maju pilkada lewat jalur perseorangan. Keyakinan ini tidak lepas dari hasil verifikasi administrasi oleh KPU yang dinyatakan lolos dan bisa maju ke verifikasi faktual tahap kedua.

Rasa optimistis itu juga tidak lepas dari hasil verifikasi faktual tahap satu di mana pasangan ini mendapatkan dukungan memenuhi syarat sebanyak 26.804 dukungan. Untuk bisa maju, masih membutuhkan tambahan dukungan sebanyak 18.639 orang. Ia menyakini kekurangan tersebut bisa dipenuhi melalui hasil verifikasi administrasi.

"Yang dinyatakan memenuhi syarat dalam verifikasi administrasi tahap II ada 29.125 dukungan, jadi kekurangannya bisa diambilkan dari hasil itu,” katanya.

Anton pun mengaku akan mengumpulkan warga yang mendukung untuk kemudian dilakukan verifikasi faktual, guna membuktikan adanya dukungan secara pasti. “Ya kami kumpulkan dan saya kira bisa memenuhi kekurangan 18.639 dukungan,” katanya.

Hal senada dikemukakan oleh bakal calon bupati independen Kelick Agung Nugroho, yang mengatakan untuk bisa maju sudah mendapatkan modal awal sebanyak 21.433 pendukung. Ia pun optimistis kekurangan sebanyak 24.010 pendukung bisa dipenuhi dalam proses verifikasi faktual tahap kedua.

“Yang dinyatakan sah dari verifikasi administrasi kedua ada 39.349 pendukung. Jadi kekurangannya masih bisa dipenuhi. Saat ini saya akan koordinasi dengan relawan guna mengumpulkan pendukung untuk proses verifikasi faktual dukungan,” kata Kelick.
Pewarta :
Editor: Sutarmi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar