Wabup Sleman blusukan ke pasar tradisional bagikan masker gratis

id Wabup Sleman,Pembagian masker gratis,Kabupaten Sleman,Pasar tradisional,COVID-19,Sleman,Kecamatan Berbah

Wabup Sleman blusukan ke pasar tradisional bagikan masker gratis

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun blusukan di pasar tradisional untuk membagikan masker gratis sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Foto Antara/ HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Muslimatun membagikan 1.000 masker kepada pedagang di Pasar Tanjung dan Pasar Kliwon sebagai bentuk edukasi dan mendisiplinkan masyarakat akan pentingnya penggunaan masker demi pencegahan COVID-19 di wilayah itu.

"Masyarakat yang berada di dalam pasar sudah cukup sadar untuk selalu memakai masker. Namun kesadaran untuk jaga jarak masih harus terus disosialisasikan kepada pengunjung pasar," kata Sri Muslimatun seusai kegiatan pembagian masker di Kecamatan Berbah, Jumat.

Ia berharap pedagang turut aktif memberikan edukasi kepada pembeli terkait protokol kesehatan yang harus dipatuhi di dalam pasar.

"Para pedagang tidak cukup hanya menyediakan tempat cuci tangan, tapi juga harus turut memberikan edukasi kepada pembeli jika tidak memakai masker atau tidak jaga jarak," katanya.

Ia mengaku pihaknya akan terus memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya yang berada di pasar demi mencegah peningkatan kasus COVID-19 di Kabupaten Sleman yang dalam beberapa hari terakhir terjadi lonjakan kasus positif.

"Selain itu, kehadiran Pemerintah Kabupaten Sleman di tengah masyarakat ini juga sebagai upaya untuk membangun kembali sektor-sektor yang tengah terpuruk akibat pandemi," katanya.

Ia mengatakan pedagang di pasar tradisional omzetnya turun sekitar 30-40 persen, bahkan ada yang 75 persen. Namun, di Sleman sampai tri semester kedua ini pertumbuhan ekonomi belum turun.

"Tapi kalau seperti ini terus keadaannya, lama-lama pasti juga akan turun. Jadi ini kita jaga bersama agar Sleman tangguh secara ekonomi, pendidikan, kesehatan, budaya, hukum dan pangan," tuturnya.

Kegiatan bagi-bagi masker ini diinisiasi oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sleman. Pembagian masker dilaksanakan secara serentak di 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Sleman.

Masing-masing kecamatan mendapatkan jatah 500 masker, kecuali kecamatan Berbah dan Kecamatan Sleman 1.000 masker. Jadi, total ada 9.500 masker yang dibagikan pada hari Jumat ini.

Sebelumnya, pada Juli 2020 Pemkab Sleman melalui Satpol PP juga telah membagikan 7.000 masker.
Pewarta :
Editor: Eka Arifa
COPYRIGHT © ANTARA 2024