Sumonar 2020 diselenggarakan secara virtual

id sumonar,festival seni cahaya

Sumonar 2020 diselenggarakan secara virtual

Program Director of Sumonar Ari Wulu (kiri) dan Santoso Rohmad (HO-Humas Sumonar)

Yogyakarta (ANTARA) - Festival Seni Cahaya Sumonar 2020 bertema Mantra Lumina diselenggarakan secara virtual pada 5-13 Agustus 2020 sebagai sebuah proses kreativitas merepresentasikan semangat dan harapan untuk berinovasi dalam berbagai situasi. 

"Mantra Lumina merupakan gabungan dari dua kata, yakni Mantra yang dapat diartikan sebagai doa atau harapan, dan Lumina adalah istilah lain dari cahaya," kata Program Director of Sumonar, Ari Wulu di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, karya-karya cahaya yang telah diciptakan oleh para seniman yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia maupun dari negara lain itu disajikan dalam program Interactive Light Art Installation dan Architectural Projection Mapping.

"Karya-karya mereka nanti bisa diakses dengan sangat mudah melalui website resmi Sumonar 2020 di www.sumonarfest.com," kata Ari Wulu.

Ia mengatakan ada hal menarik dalam penyelenggaraan Sumonar 2020, yaitu ketika lebih banyak seniman dari negara lain ikut terlibat dalam festival ini.

"Di sini bisa dilihat, bahwa di tengah keterbatasan yang terjadi akibat wabah COVID-19 yang terjadi di seluruh dunia, tidak menyurutkan semangat para seniman dari negara lain maupun Indonesia untuk tetap berkarya dalam rangka menyebarkan harapan terbaiknya kepada banyak orang," katanya.

Direktur Utama Bank BPD DIY Santoso Rohmad mengatakan melalui Sumonar 2020 bank ini ingin mengajak masyarakat Yogyakarta untuk tetap memiliki semangat dan harapan, salah satunya lewat proses kreatif yang bisa menjadi media pembelajaran bagi khalayak luas.

"Partisipasi kami dalam gelaran ini adalah bentuk dukungan terhadap tumbuh kembang ekonomi kreatif di Yogyakarta. Pengunjung Sumonar 2020 juga akan dimanjakan dengan berbagai program promosi pembelanjaan dan transaksi pembayaran dengan BPD DIY Mobile," katanya. 

Dalam gelaran Sumonar 2020, menurut dia, masyarakat berkesempatan mengakses festival tersebut secara khusus di Bank BPD DIY Digital Lounge Malioboro.

"Temukan pengalaman berselancar menikmati penampilan seniman cahaya dari berbagai negara sekaligus mengenal berbagai produk unggulan bank kami di lounge yang dihadirkan khusus untuk menjawab kebutuhan masyarakat di era sekarang," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar