Brad Binder meraih kemenangan perdana MotoGP di Brno

id motogp

Brad Binder meraih kemenangan perdana MotoGP di Brno

Pebalap tim Red Bull KTM Factory Racing Brad Binder menjalani Grand Prix Republik Ceko, Sirkuit Brno, Minggu (9/8/2020) Reuters/David W Cerny

Jakarta (ANTARA) - Pebalap KTM Brad Binder membuat kejutan dengan meraih kemenangan perdananya di kelas premier setelah menjuarai Grand Prix Republik Ceko di Sirkuit Brno, Minggu.

Runner-up Moto2 tahun lalu itu membutuhkan hanya tiga balapan di awal musim ini untuk melakukan selebrasi di podium teratas MotoGP sekaligus mempersembahkan kemenangan pertama untuk tim KTM Factory Racing sejak debut di MotoGP pada 2017.

Binder tampil nyaris tanpa kesalahan dan finis 5,266 detik di depan Franco Morbidelli, yang juga naik podium untuk pertama kalinya di MotoGP.



Johann Zarco, yang start dari pole position, melengkapi podium hari itu di peringkat tiga, demikian laman resmi MotoGP.

Lomba sepanjang 21 putaran itu minim drama ketika start. Morbidelli dari P3 melakukan start yang baik dan mengambil alih pimpinan lomba dari pole sitter Johann Zarco sejak awal lomba dan langsung melesat meninggalkan lawan-lawannya.

Rookie Iker Lecuona tergelincir dari motornya ketika di lap kelima dan menabrak Joan Mir yang berada di sampingnya. Kedua pebalap terjatuh dan gagal menyelesaikan lomba.

Duet KTM Factory Racing menebar ancaman bagi kedua pebalap tim Petronas Yamaha yang memimpin di depan.



Binder yang start dari P7 menjaga ritmenya untuk menyiapkan serangan dan di lap kesembilan ia mampu menyalip pemuncak klasemen Fabio Quartararo untuk berada di P2. Tak lama kemudian Pol Espargaro juga sempat menyerang dan melewati sang pebalap Yamaha bernomor 20 itu kendati akhirnya melebar.

Espargaro berusaha menyerang kembali Quartararo namun sang pebalap KTM sepertinya tidak melihat Zarco yang berusaha menyalip dari sisi dalam hingga keduanya bersenggolan. Seketika Espargaro terlempar ke gravel dan keluar dari lomba.

Sepuluh lap tersisa Binder memangkas jaraknya dengan pimpinan lomba menjadi 0,2 detik. Satu lap kemudian, Binder tak menyia-nyiakan peluang dan menyalip Morbidelli untuk memimpin lomba hingga delapan lap tersisa.

Zarco dijatuhi penalti long lap setelah insiden senggolan dengan Espargaro. Setelah menjalani hukumannya, Zarco masih mampu mempertahankan posisinya kendati jaraknya semakin dekat dengan Quartararo yang mengancam di belakangnya.

Kru Ducati di garasi tampak tidak senang dengan keputusan itu karena Zarco memiliki peluang bertarung untuk podium teratas.

Di lap terakhir, Zarco mendapati Alex Rins yang berusaha mencuri podium, namun dengan dua tikungan tersisa Zarco mampu bertahan hingga menyentuh finis lebih dulu dari pebalap tim Suzuki Ecstar itu.



Valentino Rossi mampu finis P5 setelah hasil kualifikasi mengharuskan ia start dari P10. Di belakang The Doctor, Miguel Oliveira mendarat di P6 di depan Fabio Quartararo yang hanya mampu finis P7.

Takaaki Nakagami meneruskan tren positif LCR Honda setelah finis P8 di depan pebalap Pramac Racing Jack Miller dan Aleix Espargaro dari tim Aprilia.

Andrea Dovizioso yang memiliki ekspektasi tinggi di Brno hanya mampu finis P11 dengan motor Ducati GP20 di depan rekan satu timnya Danilo Petrucci.



Sedangkan Maverick Vinales mendapati hasil terburuknya musim ini di P14 di belakang Cal Crutchlow dari tim LCR Honda.

Francesco Bagnaia melewatkan balapan seri ketiga di Brno dan juga seri selanjutnya di Austria karena mengalami cedera lutut setelah terjatuh di FP1, Jumat.

Juara bertahan Marc Marquez juga absen di Brno karena masih dalam pemulihan pascaoperasi kedua setelah lengannya patah di seri pembuka di Jerez bulan lalu. Marquez digantikan oleh test rider Honda Stefan Bradl.
 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024