PPI serap hasil peternak ayam mandiri untuk membantu pemulihan ekonomi

id peternak ayam,ayam potong,perusahaan perdagangan indonesia,livebird,pemulihan ekonomi

PPI serap hasil peternak ayam mandiri untuk membantu pemulihan ekonomi

Ilustrasi: Salah satu peternakan ayam yang ada di Banjarbaru, Kalsel. (Antaranews Kalsel/Firman.)

Jakarta (ANTARA) - PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) siap menyerap hasil peternak ayam hidup potong (livebird) mandiri dalam rangka membantu pemulihan ekonomi nasional.

"PPI tidak dalam rangka untuk berkompetisi dengan perusahaan yang sudah berperan dalam industri livebird beserta turunannya, tetapi kami hadir sebagai bagian dari penugasan pemerintah untuk dapat berperan bersama peternak mandiri dalam rangka memajukan ekonomi," kata Direktur Teknik dan Pengembangan PPI (Persero) Prasetiyo Indroharto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Dalam melaksanakan penugasan dari Kementerian BUMN itu, PPI juga berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Sosial.

Pada tahap awal penyerapan ayam hidup potong oleh PPI tersebut akan dilaksanakan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Harga jual ayam hidup potong dalam beberapa waktu terakhir ini tidak menentu, terlebih dalam situasi pandemi COVID-19. Hal ini diakibatkan serapan pasar yang turun, seperti untuk kebutuhan katering, hotel, kafe, dan industri lainnya.

Sejak Maret lalu fluktuasi harga kerap terjadi yang membuat peternak mandiri terkena imbasnya. Namun demikian harga pakan dan DOC relatif naik, mengakibatkan margin peternak tergerus.

Nantinya daging ayam yang sudah dibeli akan dijual ke beberapa pasar yang berada di jaringan PPI, sebagian lagi akan disimpan hingga harga stabil. Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan jaminan pasar maupun jaminan harga kepada peternak mandiri.

"Saat ini, kita masuk ke tahap persiapan tempat penyimpanan pendingin (cold storage) pada lokasi strategis untuk menjangkau wilayah pasar. Tempat penyimpanan tersebut dipersiapkan untuk produk ayam hidup potong hasil offtake dari peternak mandiri dan telah dilakukan processing menjadi bentuk karkas atau boneless," ujar Prasetyo.