Xi Jinping mengirim surat untuk Jokowi terkait HUT Ke-75 Kemerdekaan RI

id kemerdekaan indonesia,hari kemerdekaan ke 75 RI,xi jinping,jokowi,duta besar china,xiao qian

Xi Jinping mengirim surat untuk Jokowi terkait HUT Ke-75 Kemerdekaan RI

Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden China Xi Jinping dalam pertemuan bilateral di Hotel Stanley, Port Moresby, Papua Nugini, Sabtu (17/11/2018) petang, di sela KTT APEC 2018. ANTARA/HO-Biro Pers Setpres RI/aa.

Jakarta (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping mengirimkan surat kepada Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi), Senin, berkaitan dengan peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pengiriman surat itu diungkapkan Kedutaan Besar China di Jakarta melalui unggahan di laman Facebook resmi, dengan mengutip laporan yang disiarkan oleh China Radio International (CRI) pada Senin.

"Xi Jinping, dalam suratnya, menyebut bahwa Tiongkok-Indonesia saat ini memelihara kecenderungan hubungan baik. Kedua pihak bersama-sama menanggulangi wabah COVID-19," tulis Kedubes.

Xi menyatakan bahwa ia menaruh perhatian terhadap hubungan kedua negara. Ia mengatakan bersedia berupaya bersama Jokowi untuk sesegera mungkin mengalahkan pandemi COVID-19 dan memberikan kontribusi positif dalam bidang kesehatan dan kesejahteraan bagi rakyat, kata Kedubes menambahkan.

Sementara itu melalui unggahan video pada laman Facebook yang sama, Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian juga menghaturkan ucapan selamat kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia atas momen peringatan kemerdekaan.

"Saya mengucapkan selamat paling hangat kepada pemerintah dan rakyat Indonesia. Dan menyampaikan harapan terbaik kepada semua teman Indonesia yang mendukung pengembangan hubungan Tiongkok-Indonesia," kata Xiao dalam Bahasa Indonesia.

Xiao menyoroti pula peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan China pada tahun ini.

"Dengan berdiri di atas titik awal sejarah baru, Tiongkok bersedia bekerja sama dengan Indonesia untuk terus mendorong hubungan Kemitraan Strategis Komprehensif ke tingkat lebih tinggi," ujar dia.

Dalam unggahan video yang lain, Xiao bersama sejumlah diplomat China menyanyikan lagu keroncong Bengawan Solo sebagai bentuk "apresiasi atas keberanian dan ketekunan rakyat kedua negara yang bergotong royong dalam melawan pandemi."