Yogyakarta matangkan rencana penataan zona Pasar Prawirotaman

id Pasar Prawirotaman,penataan,zona pedagang

Yogyakarta matangkan rencana penataan zona Pasar Prawirotaman

Dokumentasi - Proses revitalisasi di Pasar Prawirotaman Yogyakarta, 2 Juli 2020 (Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) -  

Setelah pekerjaan fisik revitalisasi Pasar Prawirotaman selesai, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta bersiap melakukan penempatan kembali pedagang tapi terlebih dulu mematangkan zona pasar yang sudah disusun sesuai jenis komoditas yang diperjual belikan.

“Perencanaan penempatan zona sudah ada. Tetapi, perlu kami matangkan lagi, perlu dipertimbangkan lagi, dihitung lagi jumlah kios dan los yang harus disiapkan,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, keragaman jenis komoditas yang dijual juga menjadi salah satu pertimbangan dalam penentuan jumlah zona di Pasar Prawirotaman.

“Pedagang yang dulunya menempati kios akan tetap memperoleh kios di pasar yang baru. Hanya saja, mungkin diperlukan penyesuaian jenis barang dagangan dari pedagang,” katanya.

Ia berharap, pedagang yang nantinya menempati bangunan pasar yang baru bisa terus meningkatkan kualitasnya menyesuaikan dengan kondisi pasar yang sudah semakin baik dan modern.

Bangunan Pasar Prawirotaman yang dulunya hanya berupa bangunan satu lantai, kini sudah direvitalisasi menjadi bangunan empat lantai dan semi basement untuk menampung parkir kendaraan.

Lantai satu hingga tiga dimanfaatkan untuk kegiatan jual beli pasar rakyat dan ditempati kembali oleh 619 pedagang yang tercatat sebagai pedagang di Pasar Prawirotaman.

Sedangkan lantai empat akan dimanfaatkan untuk pengembangan industri kreatif di Kota Yogyakarta.

Yunianto pun menyebut, bangunan baru Pasar Prawirotaman sudah mengadopsi konsep “green building” sehingga hemat energi dan mengadopsi konsep sebagai pasar sehat.

“Sebagai pasar sehat, maka protokol kesehatan pun wajib dijalankan dengan baik. Penetapan protokol kesehatan untuk pencegahan COVID-19 pun akan bisa dijalankan dengan baik karena sangat memungkinkan untuk saling jaga jarak dan pengaturan alur pengunjung,” katanya yang juga memastikan pasar tersebut menjadi daerah larangan merokok.

Yunianto mengatakan, penempatan kembali pedagang ke Pasar Prawirotaman akan dilakukan tahun ini karena kontrak untuk pemanfaatan lahan yang digunakan sebagai lokasi pasar sementara pun akan habis tahun ini.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyatakan, konsep Pasar Prawirotaman Yogyakarta berbeda dengan pasar rakyat lainnya karena pasar tersebut memadukan pedagang bahan kebutuhan pokok sehari-hari yang biasa ditemukan di pasar tradisional dengan pasar industri kreatif.

“Jika ingin berbelanja bahan kebutuhan pokok sehari-hari bisa dilakukan di lantai satu sampai tiga, tetapi jika ingin melakukan kegiatan industri kreatif bisa mengakses lantai empat, bertemu dengan wirausaha-wirausaha muda,” katanya.

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024