PPI Curug menggelar diklat pemberdayaan masyarakat di Kulon Progo

id diklat pemberdayaan masyarakat,Kulon Progo

PPI Curug menggelar diklat pemberdayaan masyarakat di Kulon Progo

Bupati Kulon Progo Sutedjo memberikan cenderamata kepada Wakil Direktur PPI Curug Budi Kartika di Kulon Progo, Senin (24/8/2020) ANTARA/Sutarmi

Kulon Progo (ANTARA) - Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug menggelar diklat pemberdayaan masyarakat tentang teknik pencegahan dan pemadaman api yang dikhususkan kepada 100 masyarakat di Kabupaten Kulon Progo Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wakil Direktur PPI Curug Budi Kartika di Kulon Progo, Senin, mengatakan diklat itu merupakan sebuah upaya dari pemerintah salah satunya melalui PPI Curug ini untuk memberikan bekal wawasan, pengetahuan dan ilmu, dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kulon Progo.

"PPI Curug hadir sebagai wakil dari pemerintah untuk ikut membantu mengembangkan sumber daya manusia agar mempunyai kompetensi, keterampilan, agar mampu menyelesaikan dan menguasai bahaya kebakaran," kata Budi Kartika.

Ia mengatakan diklat tersebut adalah yang pertama di Kulon Progo. Adanya Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo menjadi salah satu alasan PPI mengadakan diklat di Kulon Progo ini.

"Sebetulnya nanti kami juga ingin mereka bisa bergabung ke Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran Penerbangan (PPKP). Namun sebelum sejauh itu, paling tidak sudah bisa memberikan pondasi apa yang harus dilakukan jika berhadapan dengan api," kata Budi.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo Sutedjo menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat dan peserta diklat atas antusiasmenya terhadap pelaksanaan diklat ini.

"Ilmu keterampilan ini kami harap dapat ditularkan pada publik, kepada masyarakat, jadi kami berharap teman-teman yang diklat di sini, ilmunya tidak hanya dimiliki sendiri namun bisa disebarluaskan kepada masyarakat umum sehingga masyarakat akhirnya punya kemampuan, pengetahuan, keterampilan ketika terjadi kebakaran harus bagaimana,” tutur Sutedjo.

Diklat dengan peserta 100 orang ini harapannya dapat berjalan dengan lancar, dalam rangka memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan teknik pencegahan dan pemadaman api ringan, guna membekali sumber daya manusia Kulon Progo untuk mempersiapkan persaingan di dunia kerja.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024