F1 2020 tambah empat balapan di Turki, Bahrain dan Abu Dhabi

id formula1,formula one,kalender formula1

F1 2020 tambah empat balapan di Turki, Bahrain dan Abu Dhabi

Ilustrasi balapan Grand Prix Spanyol di Sirkuit Barcelona-Catalunya pada 16 Agustus 2020. (Pool via Reuters/Bryn Lennon)

Jakarta (ANTARA) - Sirkuit Istanbul Park di Turki akan kembali menggelar Grand Prix tahun ini setelah Formula 1, Selasa, mengumumkan empat seri tambahan dalam kalender revisi musim 2020.

Grand Prix Turki, terakhir kali digelar pada 2011, tahun ini akan menempati slot 15 November sebelum dua balapan beruntun dihelat di Bahrain, yaitu GP Bahrain pada 26 November dan GP Sakhir pada 6 Desember.

Lalu Abu Dhabi akan menjadi tuan rumah seri pemungkas di Sirkuit Yas Marina pada 13 Desember nanti, menggenapi total balapan tahun ini menjadi 17 seri, demikian laman resmi Formula 1.

Sementara itu F1 juga mengonfirmasi bahwa GP China, yang ditunda pada awal tahun ini, sedianya tidak akan digelar tahun ini. Shanghai, oleh karena itu, akan kembali menggelar grand prix pada tahun depan.

"Kami bisa mengonfirmasi jika Turki, Bahrain, dan Abu Dhabi akan menjadi bagian revisi musim ini dan ingin berterima kasih kepada kerja keras semua promotor dan mitra kami sehingga membuat musim yang terdiri dari 17 balapan ini memungkinkan," demikian F1.
 


F1 juga menyatakan jika sejumlah balapan di kalender revisi 2020 akan terbuka untuk penonton dalam jumlah terbatas.

"Sementara kami ingin melihat sebanyak mungkin fan kembali ketika aman untuk melakukan itu, prioritas kami tetaplah keselamatan dari komunitas F1 dan komunitas yang kami kunjungi.

"Karena pandemi COVID-19 yang kondisinya terus berubah kami tetap menjaga dialog dengan semua promotor dan otoritas setempat untuk memastikan kami beroperasi dengan cara paling aman dan memonitor setiap situasi negara dengan ketat, termasuk pembatasan perjalanan dan prosedur kesehatan setempat."



Enam grand prix telah digelar tahun ini tanpa penonton sejak Juli di Austria, di tengah musim yang sempat tertunda krisis kesehatan global.

Sebanyak 13 seri pertama digelar di sirkuit yang berada di daratan Eropa setelah sejumlah arena di benua Amerika terpaksa dibatalkan karena pandemi yang belum terkendali.

Berikut kalender revisi 2020 yang telah digenapi menjadi 17 balapan
Austria Red Bull Ring 5 Juli
Styria Red Bull Ring 12 Juli
Hungaria Hungaroring 19 Juli
Britania Raya Silverstone 2 Agustus
Anniversary Silverstone 9 Agustus
Spanyol Catalunya 16 Agustus
Belgia Spa-Francorchamps 30 Agustus
Italia Monza 6 September
Tuscany Mugello 13 September
Rusia Sochi 27 September
Eifel Nurburgring 11 Oktober
Portugal Algarve 25 Oktober
Emilia Romagna Imola 1 November
Turki Istanbul 15 November
Bahrain Bahrain 29 November
Sakhir Bahrain 6 Desember
Abu Dhabi Yas Marina 13 Desember
 
Pewarta :
Editor: Eka Arifa
COPYRIGHT © ANTARA 2024