Bantul menetapkan 75 calon lurah untuk pilkades serentak di 24 desa

id Pemkab Bantul

Bantul menetapkan 75 calon lurah untuk pilkades serentak di 24 desa

Kantor Pemkab Bantul. ANTARA/Hery Sidik

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menetapkan sebanyak 75 calon lurah sebagai peserta pemilihan kepala desa serentak di 24 desa daerah ini yang akan diselenggarakan pada 27 Desember 2020.

"Bakal lurah yang lolos seleksi administratif itu ada 75 orang se-24 desa, jadi yang lolos verifikasi administrasi kemudian ditetapkan menjadi calon," kata Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Desa Sekretariat Daerah (Setda) Bantul Kurniantoro di Bantul, Selasa.

Berdasarkan Surat Edaran Sekda Bantul tentang Daftar Calon Lurah Desa Pada Pilkades Serentak Bantul tertanggal 7 September menyatakan bahwa 75 calon lurah desa itu meliputi 73 laki-laki dan dua orang perempuan, semua calon tidak ada yang berasal dari luar daerah Bantul.

Pada awalnya, kata dia, terdapat 84 bakal calon lurah desa. Namun, sembilan orang tidak memenuhi persyaratan administrasi sehingga gugur dari tahapan pencalonan lurah di desanya.

Menurut dia, pengumuman penetapan calon lurah desa oleh kabupaten tersebut dilaksanakan pada tanggal 7 sampai 15 September, kemudian pada tanggal 9 sampai 17 September diumumkan di tingkat desa. Dalam penetapan itu sekaligus sudah ditetapkan nomor urut calon.

Sementara itu, Sekda Bantul Helmi Jamharis mengatakan bahwa pelaksanakan pilkades ditetapkan pada 27 Desember atau beberapa minggu setelah pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul, 9 Desember 2020.

"Pada tanggal 27 Desember ada 24 desa yang akan menyelenggarakan pemilihan lurah secara langsung dan dua kelurahan yang akan menyelenggarakan pemilihan lurah antarwaktu, yaitu Desa Trirenggo (Bantul) dan Desa Selopamioro (Imogiri)," katanya.

Ia lantas menyebutkan sejumlah desa itu, yakni Desa Tamanan, Jambidan, Karangtengah, Karangtalun, Imogiri, Desa Munthuk, Donotirto, Tirtohargo, Bangunjiwo dan Tirtonirmolo, Canden, Pleret, Wonokromo, Segoroyoso, Bawuran, Triwidadi, Sendangsari, Caturharjo, Gadingharjo, Srigading, Srimulyo, Argodadi, Pendowoharjo dan Timbulharjo.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar