Visa gandeng ALTO dukung Gerakan Nasional Nontunai

id visa,alto

Visa gandeng ALTO dukung Gerakan Nasional Nontunai

Kemitraan Visa dan ALTO (HO-Ist)

Yogyakarta (ANTARA) - Visa, penyedia pembayaran digital terdepan di dunia, dan ALTO, penyedia layanan "end-to-end bank switching" dan solusi pembayaran digital, telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia untuk membentuk kemitraan dalam pemrosesan transaksi kartu debit di dalam negeri.

"Kemitraan ini merepresentasikan komitmen jangka panjang Visa di Indonesia untuk mendukung Gerakan Nasional Nontunai dan misi Bank Indonesia dalam meningkatkan inklusi keuangan," kata Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman dalam rilis yang diterima di Yogyakarta, Rabu.

Visa akan bekerja sama dengan ALTO untuk meningkatkan kapabilitas ALTO sesuai standar kelas dunia, termasuk dalam hal keamanan, efisiensi operasional, dan manajemen risiko. 

Kemitraan dengan ALTO merupakan sebuah fondasi terkini dalam komitmen jangka panjang Visa di Indonesia. Selama tiga dekade terakhir, Visa telah berkolaborasi dengan bank, merchant, dan para pemangku kepentingan lainnya untuk memperkenalkan inovasi teknologi pembayaran digital dan memperluas penerimaannya.

Pada tahun 2011, Visa meluncurkan Indonesia Acceptance Program yang merupakan inisiatif bersama klien dan para pemangku kepentingan yang telah berhasil meningkatkan penerimaan pembayaran digital hingga dua kali lipat di seluruh Indonesia.

Riko mengatakan kemitraan ini adalah bagian dari strategi jangka panjang Visa dalam mendukung pemberdayaan ekonomi nasional dan menumbuhkan kapabilitas teknologi pembayaran dalam negeri sesuai dengan standar kelas dunia.

Kemitraan ini sejalan dengan strategi jangka panjang Visa untuk mendorong penerimaan dan adopsi pembayaran nontunai di Indonesia, serta memberikan dukungan penuh terhadap visi Bank Indonesia memajukan Sistem Pembayaran Nasional.

"Kami sepenuhnya berkomitmen berbagi keahlian dan teknologi global Visa untuk membantu meningkatkan kapabilitas keamanan, efisiensi operasional, dan manajemen risiko ALTO menjadi standar kelas dunia, mendukung Indonesia menuju masyarakat nontunai," kata Riko.

Presiden Direktur PT ALTO Network Armand Widjaja mengatakan kemitraan ini merupakan tonggak sejarah bisnis ALTO dalam mencapai target menjadi mitra sistem pembayaran dan digital yang terkemuka dan terpercaya di Indonesia, yang menawarkan teknologi terkini dan mutu kelas dunia.

"Sebagai salah satu perusahaan switching nasional yang terkoneksi dengan mesin ATM dengan jumlah terbesar hingga lebih dari 100.000 mesin di seluruh Indonesia, kami selalu berusaha untuk memastikan keamanan dan keandalan jaringan dan layanan kami yang memiliki 99,9 persen 'up-time service level agreement'," katanya.

"Kami dengan senang hati menyambut Visa dengan jaringan global dan pengalamannya selama 60 tahun untuk menjadi mitra kami dalam pemrosesan transaksi debit domestik, yang tentunya akan meningkatkan mutu layanan, serta kepercayaan klien dan konsumen kami," kata Armand.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar