KPU DIY optimistis verifikasi berkas bapaslon selesai tepat waktu

id Verifikasi,Berkas,Pasangan calon,DIY

KPU DIY optimistis verifikasi berkas bapaslon selesai tepat waktu

Kantor KPU DIY. (FOTO ANTARA)

Yogyakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta optimistis proses verifikasi secara faktual terhadap keabsahan berkas bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati di tiga kabupaten rampung tepat waktu.

"Verifikasi berkas ini ditargetkan 12 September besok terakhir," kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU DIY Muhammad Zainuri Ihsan di Yogyakarta, Jumat.

Menurut Zainuri, saat ini KPU di Kabupaten Bantul, Gunung Kidul, dan Sleman masih menunggu hasil pemeriksaan kesehatan seluruh bakal paslon bupati dan wakil bupati.

"Tim dokter hari ini merapatkan membuat kesimpulan. Kemudian besok baru diserahkan ke KPU di tiga kabupaten," kata dia.

Ia mengatakan verifikasi faktual dilakukan untuk memastikan bahwa berkas administrasi yang diserahkan bakal paslon memenuhi seluruh persyaratan.

Setelah hasil verifikasi diserahkan kembali, bakal paslon melakukan perbaikan mulai 14 hingga 16 September 2020.

"KPU kabupaten akan menyampaikan secara tertulis syarat-syarat apa yang harus dipenuhi untuk memastikan keabasahannya," kata dia.

Sementara itu, Zainuri kembali menekankan seluruh bakal paslon mematuhi protokol kesehatan. Pasalnya, berdasarkan pengamatan KPU di tiga kabupaten hampir seluruh peserta mengabaikan protokol kesehatan saat melakukan pendaftaran.

"Seluruh paslon seperti itu. Di satu sisi mereka merasa senang karena didukung banyak orang saat mendaftar tetapi kalau protokol COVID-19 dilanggar potensi penyebaran virus tentu sangat tinggi," kata dia.

Ia berharap seluruh bakal paslon tidak lagi melakukan pelanggaran dengan memunculkan kerumunan saat tahapan kampanye rapat umum. "Kami sudah berulang kali menyampaikan bahwa protokol kesehatan harus dipenuhi di seluruh tahapan," kata dia.

 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024