KPU DIY mengharapkan partisipasi masyarakat di seluruh tahapan pilkada

id KPU,DIY,Partisipasi,Pemilih,TPS

KPU DIY mengharapkan partisipasi masyarakat di seluruh tahapan pilkada

Ilustrasi - Pilkada serentak. ANTARA/Ardika

Yogyakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta (KPU DIY) berharap partisipasi masyarakat tetap tinggi di seluruh tahapan Pilkada 2020, mulai dari pencermatan data pemilih sampai pemungutan suara, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Kami berharap masyarakat berpartisipasi di semua tahapan, tidak hanya saat pemungutan suara saja," kata Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi DIY Muhammad Zainuri Ihsan di Yogyakarta, Jumat.

Zainuri meminta masyarakat tidak perlu khawatir terkait dengan penerapan protokol pencegahan COVID-19 saat menggunakan hak suara di TPS.

Ia memastikan seluruh tahapan pilkada, khususnya pemungutan suara, telah memiliki prosedur tetap untuk menghindari penularan virus corona itu.

Sebelum memasuki TPS, seluruh pemilih akan melalui pengecekan suhu tubuh.

Setiap pemilih juga akan diberi sarung tangan untuk mengantisipasi penyebaran lewat surat suara.

"Untuk tinta, nanti tidak dicelupkan, tetapi diteteskan atau dioleskan," kata Zainuri.

Zainuri berharap masyarakat di tiga kabupaten berpartisipasi membantu mencermati data pemilih sementara (DPS) di Bantul, Sleman, dan Gunung Kidul yang rencana pengumumannya melalui sistem informasi data pemilih (sidalih).

"Pemutakhiran data pemilih sudah dilakukan. Bantul sudah menetapkan DPS pada tanggal 9 September, hari ini Kabupaten Sleman, dan pada tanggal 13 September di Gunung Kidul," katanya menjelaskan.

Sebelumnya, Ketua KPU Provinsi DIY Hamdan Kurniawan meyakini pilkada serentak di tiga kabupaten di DIY tetap sesuai dengan target 80 persen.

Mengingat tingkat kehadiran pemilih merupakan penentu utama keberhasilan pilkada, menurut Hamdan, sosialisasi dan edukasi bagi masyarakat terkait dengan hak suara pada masa pandemi terus digencarkan.

"Kami harus menyiapkan protokol kesehatan sedemikian rupa supaya masyarakat yakin bahwa kami mampu menyelenggarakan pemilu yang aman," kata Hamdan.