Dukung penyebarluasan nilai-nilai kemanusiaan, LKBN Antara Biro DI. Yogyakarta raih penghargaan dari PMI DIY

id LKBN Antara,PMI DIY,Penghargaan

Dukung penyebarluasan nilai-nilai kemanusiaan, LKBN Antara Biro DI. Yogyakarta raih penghargaan dari PMI DIY

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X menyerahkan piagam penghargaan untuk LKBN Antara Biro DI. Yogyakarta di Markas PMI DIY, Kamis. (ANTARA/HO/Humas PMI DIY)

Yogyakarta (ANTARA) - LKBN Antara Biro DI. Yogyakarta melalui portal berita www.antarayogya.com meraih penghargaan dari Palang Merah Indonesia (PMI) DIY atas peran serta mendiseminasikan nilai-nilai kemanusiaan pada masa Operasi Tanggap Darurat Bencana COVID-19.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X didampingi Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo di Markas PMI DIY, Kamis, bertepatan dengan Ulang Tahun ke-75 PMI.

"Media massa dan PMI selalu berjalan beriringan, terlebih di DIY, PMI dan media massa selalu saling mengisi untuk memotivasi masyarakat dengan mewartakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan," kata GBPH Prabukusumo dalam sambutannya.

Selain kepada LKBN Antara Biro DI. Yogyakarta, PMI DIY juga memberikan penghargaan kepada 19 media di DIY lainnya dari berbagai kategori mulai dari media daring, cetak, televisi, serta radio.

Menurut Gusti Prabu, media massa mempunyai peran yang sangat penting dalam menyebarkan informasi sekaligus memberikan pendidikan kepada masyarakat. 

Tugas ini, menurutnya, tak jauh berbeda dengan peran PMI, selain melayani masyarakat juga mendiseminasikan nilai-nilai kemanusiaan.

Ia mengatakan selaras dengan tema peringatan ulang tahun ke-75 yakni "Solidaritas untuk kemanusiaan", PMI sampai saat ini terus membangun kapasitas untuk mewujudkan pelayanan yang efektif, berkualitas, dan terpercaya kepada masyarakat. 

"Sesuai dengan tema peringatan kali ini, maka PMI DIY terus berbenah untuk memodernisasi pelayanan kemanusiaan," kata dia.

Selain memberikan pelayanan darah, menurut Prabukusumo, PMI juga terus melakukan aksi kemanusiaan lain seperti penanggulangan bencana, pelayanan kesehatan dan sosial, bantuan kepada korban konflik, dan melaksanakan tugas kemanusiaan lainnya untuk membantu pemerintah.

"Seperti saat ini, dalam situasi Pandemi COVID-19, melibatkan lebih dari lima ratus orang personel, PMI telah melayani penyemprotan disinfektan di 2.100 titik dengan penerima manfaat 621.022 orang penerima manfaat, promosi kesehatan di 321 titik menjangkau 41.588 orang penerima manfaat, pelayanan kesehatan, pelayanan ambulans, pelayanan psikososial serta pelayanan pemakaman," kata Gusti Prabu.